BANDUNG – Sebanyak 19 narapidana Lapas Sukamiskin di Jalan AH Nasution Kota Bandung akan mengikuti ujian nasional (UN) persamaan paket C, mulai Selasa (22/6/2010) hingga Jumat (25/6/2010) mendatang.

Pelaksanaan UN Paket C di Jabar sendiri tersebar di 136 titik dan diikuti 29.478 peserta. Dari jumlah tersebut, sebanyak tujuh peserta merupakan siswa SMA/SMK yang tak lulus UN, terdiri atas empat peserta program IPS, dan tiga peserta IPA.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Formal dan Informal Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar Kamarul Bahri, ke-19 napi tersebut sudah melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) selama dua tahun di tempat yang sama.

"Saat ujian, mereka akan diawasi sipir penjara, sementara Disdik Kota akan memantau," kata Kamarul kepada wartawan di ruang kerjanya, Jalan Rajiman Kota Bandung, Senin 21 Juni kemarin.

Kamarul menandaskan, meski jumlah peserta menurun dari tahun lalu, kesediaan para napi untuk belajar dan mengikuti ujian merupakan hal yang patut disyukuri.

"Kami tidak pernah membedakan peserta di lapas, maupun peserta umum. Poin positif, mereka tetap bersedia untuk belajar dan mengikuti ujian persamaan ini," paparnya. (rhs)