Hai.. hai...
Apabila kamu melihat tulisan ini berarti kamu belum terdaftar sebagai warga KL. Ayo gabung dengan Daftar terlebih dahulu, tentunya kamu akan menemukan banyak teman untuk saling berbagi informasi ataupun solusi di forum ini.
pedas [ Jajanan Pedas ]

+ Reply to Thread
Hal. 1 dari 4 1 2 3 ... TerakhirTerakhir
Menampilkan 1 s/d 10 dari 36
  1. #1
    Gubernur karel is a name known to all karel is a name known to all karel is a name known to all karel is a name known to all karel is a name known to all karel is a name known to all
    Tanggal Gabung
    Mar 2004
    Lokasi
    kalimantan timur
    Posts
    5.830
    Rep Power
    21

    Default pedas [ Jajanan Pedas ]

    gue paling menyukai makanan yg pedas...dan gurih..apalagi masakan khas padang atau sumatra...! bikin selera makan...
    klo makanan khas jogja...kayaknya gue nggak selera sama sekali...sambalnya aja manis...!
    No body is perfect...


  2. #2
    Moderator Imut Suka Masak
    vi_wi is a jewel in the rough vi_wi is a jewel in the rough vi_wi is a jewel in the rough vi_wi's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jan 2005
    Lokasi
    "Some Big City"
    Posts
    6.147
    Rep Power
    10

    Default

    ya gmn lagi ya, habis orang jogja emang manis2 sih, jadi klo bikin makanan juga manis-manis
    To Bali? check this first http://www.rizkitravel.com/
    Visit http://vitaazizah.blogspot.com for inspiration

  3. #3
    Gubernur karel is a name known to all karel is a name known to all karel is a name known to all karel is a name known to all karel is a name known to all karel is a name known to all
    Tanggal Gabung
    Mar 2004
    Lokasi
    kalimantan timur
    Posts
    5.830
    Rep Power
    21

    Default

    Quote Originally Posted by vi_wi
    ya gmn lagi ya, habis orang jogja emang manis2 sih, jadi klo bikin makanan juga manis-manis
    hitam manis...iya

    tapi ada lagi makanan pedas yg gue doyan...hmmmm sluruppp..PEMPEK..!
    yeah...apalagi pake kuahnya yg coklat pedas itu...wuih ..
    dan di dalamnya ada telor serta tahu....lemak nian oiiii kata org palembang...
    No body is perfect...


  4. #4
    Moderator Imut Suka Masak
    vi_wi is a jewel in the rough vi_wi is a jewel in the rough vi_wi is a jewel in the rough vi_wi's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jan 2005
    Lokasi
    "Some Big City"
    Posts
    6.147
    Rep Power
    10

    Default

    Quote Originally Posted by karel
    Quote Originally Posted by vi_wi
    ya gmn lagi ya, habis orang jogja emang manis2 sih, jadi klo bikin makanan juga manis-manis
    hitam manis...iya

    tapi ada lagi makanan pedas yg gue doyan...hmmmm sluruppp..PEMPEK..!
    yeah...apalagi pake kuahnya yg coklat pedas itu...wuih ..
    dan di dalamnya ada telor serta tahu....lemak nian oiiii kata org palembang...
    jadi dibilang item manis, emg bnr sih soalnya
    To Bali? check this first http://www.rizkitravel.com/
    Visit http://vitaazizah.blogspot.com for inspiration

  5. #5
    Walikota Kolor.Hijau will become famous soon enough Kolor.Hijau's Avatar
    Tanggal Gabung
    Mar 2004
    Posts
    1.391
    Rep Power
    12

    Default

    'ntar kalo manisnya udah ilang tinggal hitamnya doang loh....hue...he...he...
    Si Sombong Buruk Rupa

  6. #6
    Moderator mataempat is on a distinguished road
    Tanggal Gabung
    Jul 2004
    Lokasi
    depan komputer
    Posts
    445
    Rep Power
    11

    Default

    Makan pedas? suka sih suka, cuman kalo terlalu pedas, jadi bikin perut mules
    mataHatImataAkaLmataUanGmataMatA

  7. #7
    Moderator anu geulis tea
    wie_dy will become famous soon enough wie_dy will become famous soon enough wie_dy's Avatar
    Tanggal Gabung
    Apr 2004
    Lokasi
    ~d! n3G3R! 3Nt@h B3R@nT@H ~
    Posts
    2.574
    Rep Power
    14

    Default Re: pedas

    Quote Originally Posted by karel
    gue paling menyukai makanan yg pedas...dan gurih..apalagi masakan khas padang atau sumatra...! bikin selera makan...
    klo makanan khas jogja...kayaknya gue nggak selera sama sekali...sambalnya aja manis...!
    yah sayang keknya kita bukan jodoh nich......wiedy orang jogja jadi masakannya manis2 ......sedangkan bang karel ga suka

  8. #8
    Gubernur cah_ayu is on a distinguished road
    Tanggal Gabung
    Oct 2004
    Lokasi
    Behind your door...
    Posts
    6.184
    Rep Power
    0

    Default Re: pedas

    Quote Originally Posted by wie_dy
    Quote Originally Posted by karel
    gue paling menyukai makanan yg pedas...dan gurih..apalagi masakan khas padang atau sumatra...! bikin selera makan...
    klo makanan khas jogja...kayaknya gue nggak selera sama sekali...sambalnya aja manis...!
    yah sayang keknya kita bukan jodoh nich......wiedy orang jogja jadi masakannya manis2 ......sedangkan bang karel ga suka
    tenang wied kalo dia cinta.... makan gula setoples sehari dia juga mau kok.....
    [COLOR=red][FONT=Verdana][SIZE=4][/SIZE][/FONT][/COLOR]

  9. #9
    Moderator anu geulis tea
    wie_dy will become famous soon enough wie_dy will become famous soon enough wie_dy's Avatar
    Tanggal Gabung
    Apr 2004
    Lokasi
    ~d! n3G3R! 3Nt@h B3R@nT@H ~
    Posts
    2.574
    Rep Power
    14

    Default Re: pedas

    Quote Originally Posted by cah_ayu
    Quote Originally Posted by wie_dy
    Quote Originally Posted by karel
    gue paling menyukai makanan yg pedas...dan gurih..apalagi masakan khas padang atau sumatra...! bikin selera makan...
    klo makanan khas jogja...kayaknya gue nggak selera sama sekali...sambalnya aja manis...!
    yah sayang keknya kita bukan jodoh nich......wiedy orang jogja jadi masakannya manis2 ......sedangkan bang karel ga suka
    tenang wied kalo dia cinta.... makan gula setoples sehari dia juga mau kok.....
    keknya itu hal yang mustahil dech CA.....nanti klo bang karel kena diabets gimana??? khan wiedy juga yang repot ...btw kita liat dech bang karel mau pa engga makan gula setoples dlm satu hari

  10. #10
    Gubernur cah_ayu is on a distinguished road
    Tanggal Gabung
    Oct 2004
    Lokasi
    Behind your door...
    Posts
    6.184
    Rep Power
    0

    Default Re: pedas

    ngomongin soal empek-empek neh ada resepnya... sayang gambarnya ga bisa di kasih liat....

    Empek empek Palembang

    Bahan Dasar Utama :
    - Daging ikan giling halus
    ( yg paling baik adalah ikan Gabus atau Tenggiri, jika tidak ada, dapat diganti dengan ikan apa saja yg dagingnya lebih banyak seperti Salmon,Tuna, Toman, Tongkol Kecil, Gurame, Sepat Besar, buang tulang nya giling sampe halus dan jangan pake ikan yg banyak lemaknya seperti Lele, Patin dsb )
    -Tepung SAGU, Air, garam halus secukupnya, penyedap secukupnya.

    Catatan :
    perbandingan antara Ikan dan sagu bisa 1:1 atau 1:3/4 atau 1:1/2, semakin banyak ikan semakin enak, tapi maksimal ikan 1 kg tepung sagu 0,5 kg.

    SAUS CUKA BUAT EMPEK- EMPEK
    Bahan :
    Gula merah (gula aren/gula batok lebih bagus), bawang putih, garam halus secukupnya atau, cuka putih atau asam jawa, cabe rawit 1/2 ons, air, toncai (jika mau).

    cara membuatnya :
    Godok gula merah dengan air aduk sampai cair dan rata, masukkan garam halus secukupnya.

    Giling bawang putih dan cabe sampai halus. lalu bawang putih dan cabe yg sudah digiling dimasukkan kedalam cairan gula merah, beri air asam jawa atau diganti dengan cuka putih 1 sendok makan, masukkan toncai ke cairan gula merah tetap diatas api. Angkat.

    Jika takut kepedasan, maka gilingan bawang putih dan cabe, jangan dimasukkan dalam godokan gula, tetapi biarkan terpisah, sewaktu mau makan, maka baru dicampur secukup pedasnya.

    Guna lebih awet dan tahan lama, saus cuka ini masukkan dalam botol tertutup dam simpan dalam kulkas, jika mau digunakan dihangatkan saja.

    MACAM EMPEK-EMPEK.....

    EMPEK-EMPEK LENJER/BATANG

    Cara Membuat:
    I kg daging ikan giling diaduk dgn air masak sekitar 1 liter, masukkan garam halus secukupnya (terasa agak asin), beri penyedap secukupnya, lalu aduk hingga rata.
    Masukan Tepung sagu kira-kira 1 kg, masukan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai menjadi adonan yang tidak lengket dan bisa di pulung.
    Ambil adonan secukupnya lalu buat menjadi bentuk silinder menggunakan alas datar dengan panjang sekitar 20-25 cm dan diameter sekitar 3 cm atau sesuai selera bentuk dan panjangnya, menyerupai bentuk sosis, yah

    cara memasaknya :
    Didihkan air dalam panci cukup besar, setelah mendidih, masuk kan pempek yang sudah di bentuk tadi satu per satu, rebus dan tunggu sampai matang/mengapung. angkat tiriskan.

    Cara menyantapnya :
    Bisa langsung di potong-potong kecil langsung dimakan/dicocol dengan saos cuka, atau di di goreng terlebih dahulu, jika di goreng pempek lenjer harus dalam keadaan kering.

    (kalo bikinnya banyak dan ga abis.... cukup potong tipis2 terus di jemur jadi deh kerupuk ikan....)

    EMPEK-EMPEK KAPAL SELAM(PEMPEK TELOR)

    Bahan:
    sama seperti empek2 lenjer tadi, tambah telur ayam atau bebek seselera.
    (telur boleh di kocok ato satu empek2 satu telur)

    Cara membuat:
    Ambil sejemput bahan lalu di buat pipih dan dibentuk seperti mangkuk atau gelas dan buat lubang secukupnya untuk memasukkan isi telur tadi.
    Setelah cairan dimasukkan, bibir adonan di rapatkan dengan jari untuk menghindarkan telur keluar dari dalam. (ulenin tepungnye agak lama dari empek2 lenjer ya biar agak lebih nyatu gitu loh...)

    cara memasaknya :
    Didihkan air, lalu masukkan satu persatu pempek yg sudah kita bentuk, hati-hati jangan sampai bocor, Rebus sampai dia mengapung sendiri.Angkat pempek tsb lalu tiriskan airnya.

    cara menyantapnya :
    Bisa langsung disantap setelah dingin, atau di goreng dulu, dan di cocol dengan saus cuka.

    (proses dari tenggelam terus mengapung ini mirip kapal selem..makanya disebut empek2 kapal selem...)

    EMPEK-EMPEK BOLA/BULET

    Bahan:
    sama cuman tambah telur ama daun seledri, bawang ato ketumbar(seseleranya)

    Cara membuatnya :
    ikan, sagu, diaduk dengan air sampai merata, pecahkan telur masukan dalam adonan ( yg dimasukkan isi telur saja, kulitnya dibuang),
    daun bawang atau saledri atau daun ketumbar di iris halus-halus. lalu campurkan ke dalam adonan aduk sampai merata. Tapi inget buat adonan ini jgn se sekel adonan2 tadi, harus lebih lembek. lalu adonan dibentuk menjadi beberapa buah seperti bola golf/bekel/pingpong se selera asal jgn di buat seukuran bola kaki aja.....(inget ini mas fred...)
    cara memasaknya :
    Didihkan minyak goreng, masukan bola-bola tadi ke dalam minyak mendidih, goreng sampai berwarna kekuningan, ati2 angus.

    cara menyantapnya :
    Bisa langsung disantap, ato di cocol saus cuka..... inget bukan di cocol ke mata ya....

    (lebih enak makannya anget2.....lebih semangat lo, tapi ati2 aga kenyal ntar keselek lagi..)

    EMPEK-EMPEK KULIT

    Bahan :
    Kulit ikan ( sebaik nya kulit ikan Gabus atau ikan Teggiri ), Sisa gilingan daging ikan ( serat atau uratnya ), Sagu, telor 3 biji

    Cara membuat :
    Kulit ikan dan sisa gilingan daging ikan di cincang sampai halus atau di blender, campur dengan sagu/tapioka dengan perbandingan 1:1, campur air seperlunya,Pecahkan telor (inget kulitnye dibuang isinye yg dipake), lalu aduk adonan sampai merata.
    Beri garam halus secukupnya, jika perlu tambahkan penyedap makanan.
    Bentuk adonan seperti bola pingpong kemudian pipihkan dan lalu goreng

    Cara menyantapnya :
    langsung masukin ke mulut.... enggak deng sama ama yg laen kok.

    ( bau ikannya lebih kerasa.... ada yg ga doyan ...namanya juga empek2 limbah.... disebut limbah abis bahannya sisa dari empek2 yg laen...).

    EMPEK-EMPEK TAHU

    Bahan :
    sama ama empek2 lenjer, tapi ditambah tahu...tahu cina ato tahu jawa (bukan masalah etnis ya... tahu cina yg putih kotak besar, tahu jawa yg dah digoreng tapi basah beda loh sama tahu sumedang/pong.....)

    Cara membuat :
    Ambil tahu lalu di potong secara diagonal, terserah mau dibagi 4 atau 2 kalo tahu cina.... mau digoreng dulu juga boleh....kalo tahu jawa lsg pake aja....aja...,ambil adonan pempek, lalu bulatkan seperti bola kira-kira 1/2 ukuran bola tenis, lalu adonan di tekan dan dipipihkan menjadi lembaran bulat Taruh tahu di atas lembaran adonan tadi dan bungkus tahu dengan lembaran pempek, lalu goreng ngerekatin boleh pake cairan air+tepung terigu.

    Cara menyantapnya :
    Pempek tahu di cocol dengan saus cuka.

    cara laen empek2 tahu:
    Tahu mentah di belah diagonal/bentuk segitiga, lalu belah bagian alasnya kerok agak dalam tapi jangan sampai tembus, ambil adonan pempek bola dan masukan /sumpel ke dalam kerokan tadi lebih kan sampai adonan mencuat di luar, lalu goreng. lebih enak sih daripada kerokan tahu dibuang mending di campur ke adonan .... cara nyantapnya sama ama yg laen....
    [COLOR=red][FONT=Verdana][SIZE=4][/SIZE][/FONT][/COLOR]

Thread Yang Serupa

  1. 10 Makanan Paling Pedas di Dunia
    By ariesinardi in forum Kuliner
    Jawab: 20
    Postingan Terakhir: 18-12-09, 11:50 PM
  2. jajanan berbahaya
    By loser in forum Warung Kopi
    Jawab: 2
    Postingan Terakhir: 18-03-09, 10:24 AM
  3. Sayap Ayam Pedas ala Saddam
    By ariesinardi in forum Zona Gokil
    Jawab: 2
    Postingan Terakhir: 10-12-08, 02:43 PM
  4. Jajanan SD ternyata berbahaya
    By ariesinardi in forum Bugar & Sehat
    Jawab: 0
    Postingan Terakhir: 22-05-08, 11:13 AM
  5. Jajanan SD ... yg kamu inget...
    By cah_ayu in forum Kuliner
    Jawab: 42
    Postingan Terakhir: 14-06-06, 09:39 PM

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • Kamu tidak diijinkan edit postinganmu