VIVAnews - Sebuah studi menunjukkan, dorongan seks kaum wanita lebih cepat menurun daripada pria. Kondisi ini yang menguatkan alasan sejumlah pria lebih menyukai wanita berusia lebih muda.

Para peneliti dari British Medic Journal mengungkap, pria masih memiliki gairah seksual menggebu meski usianya telah menembus 70 tahun. Sedangkan gairah seksual wanita mulai menurun saat memasuki usia 65 tahun.

Pria memiliki perasaan yang positif terhadap kehidupan seksual sepanjang hidupnya. Namun, semua tergantung kondisi kesehatannya. Kebutuhan seks pria biasanya menurun ketika kesehatannya sudah tidak fit lagi.

Hasil penelitian ini diambil dari dua studi yang berbeda. Penelitian pertama dilakukan pada 1995-1996 dengan 3.000 pria dan wanita usia 25-74 tahun. Kedua, dilakukan pada 2006 dengan 3.000 pria dan wanita dari berbagai wilayah dengan kisaran usia 57-85 tahun.

Dua penelitian tersebut menyimpulkan, pria dan wanita harus menjaga stamina dan kesehatan sedini mungkin untuk menjaga gairah seksual hingga usia senja. Gaya hidup sehat dengan olahraga, konsumsi makanan sehat, dan istirahat cukup merupakan salah satu kunci sukses mempertahankan kehidupan seksual yang langgeng.

Hasil penelitian ini juga mengungkap, para jompo pria dengan kisaran usia 75-85 tahun, 40 persen di antaranya menyatakan masih aktif secara seksual. Hanya 17 persen jompo wanita mengatakan hal yang sama. (pet)