Hai.. hai...
Apabila kamu melihat tulisan ini berarti kamu belum terdaftar sebagai warga KL. Ayo gabung dengan Daftar terlebih dahulu, tentunya kamu akan menemukan banyak teman untuk saling berbagi informasi ataupun solusi di forum ini.
Suntik TT (anti tetanus) = KB ???

+ Reply to Thread
Hal. 1 dari 2 1 2 TerakhirTerakhir
Menampilkan 1 s/d 10 dari 18
  1. #1
    Moderator Mungil
    RIRIN is a jewel in the rough RIRIN is a jewel in the rough RIRIN is a jewel in the rough RIRIN is a jewel in the rough RIRIN's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jul 2005
    Lokasi
    Yogyakarta
    Posts
    9.217
    Rep Power
    22

    Default Suntik TT (anti tetanus) = KB ???

    Dapat dr tetangga nie ...

    menurut kalian gimana ??

    Menikah merupakan impian setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan yang memasuki usia dewasa. Setelah menemukan pasangan yang dirasa tepat dan ditetapkan tanggal pernikahan, maka persiapan akan segera dimulai. Persiapan tersebut berupa persiapan fisik , mental dan adminstrasi. Tujuan menikah antara lain mempunyai anak atau keturunan bukan?

    Salah satu persiapan adminsitrasi adalah melengkapi berkas di KUA. Diantara berkas tersebut ada surat keterangan selesai TT(anti tetanus) kalau tidak salah dikeluarkan oleh Bidan atau Puskesmas tempat domisili calon penganten wanita. TT ini adalah wajib bagi wanita, dan berlaku sejak sekitar tahun 1986.

    Kalau di pihak perempuan, atau anda sendiri gadis yang mau menikah berhati-hati dan cari tahu terlebih dahulu dari pengalaman saudara-saudara anda dan perlu dipertimbangkan. Dalam kasus inilah saya hendak berbagi pengalaman.

    Saya seorang laki-laki. Kebetulan saya menikah tatkala wajib imunisasi TT untuk calon pengantin merupakan aturan baru. Dan kebetulan lagi saya menikah bersamaan dengan adik perempuan saya, sebut saja A Calon istri saya tidak ikut TT sedangkan A ikut TT karena rumahnya dan mempunyai hubungan sangat dekat dengan bidan di wilayah kerjanya.

    Setelah menikah, istriku langsung telat bulan alias ada pertanda hamil. Sementara A baru mulai hamil 3 bulan kemudian. Tukar cerita dengan adik-adik lain, terlontar kalimat salah satu adik : kok tertundanya seperti suntik KB atau anti hamil ya ? Akupun mulai memikirkan hal itu.

    Lebih-lebih beberapa tahun kemudian ada temen perempuan yang kawin dan sudah pasti ikut TT. Ternyata kehamilannya tertunda 6 bulan walau dia tidak ikut KB.

    Periode berikutnya, waktu lebaran aku berkunjung ke rumah Pak Lik di Wuluhan (desa kelahiranku), ternyata adik sepupu perempuanku telah menikah 8 bulan sebelumnya, tetapi belum hamil juga. Dia mulai khawatir minta saran dan doa. Aku bilang (walau ragu-ragu): jangan khawatir, banyak berdoa sendiri, setelah pernikahan 1 th insyaalah akan hamil. Dan ternyata betul, setelah selang 1 tahun adik sepupu saya mulai mengandung?

    Pertanyaannya : apakah imunisasi TT merupakan program KB terselebung? Pertanyaan ini akhirnya menghantuiku dan sampai sekarang belum mendapatkan jawaban pasti. Dan keraguanku semakin menggila setelah secara tidak sengaja membaca di sebuah media (namun aku lupa media apa itu, karena sekilas dan sudah lama), ternyata di Australia mempunyai program yang sama yaitu imunisasi TT . Lucunya program imunisasi TT tersebut hanya diperuntukkan bagi suku asli Australia : Aborigin. Dan dikemudian hari terbukti (masih menurut media tsb) ternyata imunisasi TT di Australia tersebut adalah suntikan penundaan kehamilan alias KB.

    Celakanya, akhir-akhir ini periode penundaan kehamilan tersebut makin lama. Mula-mula hanya 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun dan akhirnya menjadi 2 tahun. Dan ternyata untuk yang terakhir ini banyak dilihat di sekitar kita pasangan yang belum punya anak atau keturunan walau sudah 4 -8 tahun menikah tanpa ikut KB tetapi ikut TT.

    Berdasarkan pengalaman tersebut dan diskusi dalam keluarga, adik perempuanku yamg lain sebut saja B, tidak ikut TT pada waktu akan menikah sekitar 4 tahun lalu. Bisa di tebak, ternyata B langsung memperlihatkan gejala mengandung setelah 1 bulan menikah. Kini B telah memilik 2 anak. Alhamdulillah. Betul seperti yang anda tebak, B tidak ikut TT tetapi membayar bidan untuk memperoleh surat keterangan suntik TT.

    Namun aku tidak menutup mata, ada beberapa gadis yang menikah disekitarku dan ikut TT tetapi bisa punya keturunan dalam tempo relatif cepat. Hal ini menimbulkan pertanyaan baru di benakku, apakah yang memiliki kondisi dan kandungan bagus walau ikut TT , tidak mempengaruhi waktu kehamilannya? Dan berpengaruh sebaliknya jika kondisi tubuh dan kandungan kurang fit. Yang lebih memprihatinkan kini banyak dijumpai pasangan yang belum punya anak walau sudah menikah cukup lama, walau tidak ikut KB.

    Menurutku, yang paling tepat meneliti tuntas masalah ini adalah Lembaga/Yayasan Perlindungan Konsumen. Lembaga ini dapat melakukan penelitian diam-diam, dan jika hasilnya positip bahwa imuisasi TT = KB, dapat memberikan masukan kepada pemerintah. Misalnya program tersebut jangan menunda sampai tahunan, tapi cukup 6 bulan saja. Dan yang terpenting adalah adanya pemberitahuan yang fair kepada calon pengantin, agar mereka tidak gelisah dalam periode penantian itu.

    Bagaimanapun juga KB sebenarnya merupakan program pemerintah yang perlu mendapat dukungan luas di kalangan masyarakat. Tetapi jangan sampai program bagus ini sampai berimplikasi jelek dan meluas di kalangan warga negara di kemudian hari. Bisa dibayangkan kecemasan dan berapa uang yang dihabiskan dalam berbagai upaya untuk mendapatkan seorang putra/i. Bahkan bisa-bisa akibat yang paling buruk adalah terjadinya perceraian di beberapa pasangan suami istri.

    Berdasarkan penuturan diatas, pengunjung dapat mempertimbangkan masalah ini baik-baik. Ini semua untuk kebaikan bersama. Saya berterima kasih jika anda bersedia memberi feedback (komentar) topik ini.

    "Untuk Menggapai Harapan, Harus Semangat"
    "Cewe Mungil nu geulis tea"
    www.facebook.com/ririn.nuryani
    www.skakmatgraphic.com






  2. #2
    Lurah mitha_cool is on a distinguished road mitha_cool's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jun 2009
    Lokasi
    at home....mmmm....
    Posts
    365
    Rep Power
    6

    Default

    ini pengalaman pribadi, aku sebelum menikah jg ga ikut imunisasi TT, dan aku langsung bisa hamil, sedangkan kakak ku yg sebelum menikah mengikuti imunisasi TT sudah 9 thn menikah masih belum dikaruniai anak...
    aku ingat kata nenek sebelum punya anak jgn KB dulu, krn bisa2 rahimnya kering, dan setelah baca thread ini, aku berfikir, bisa jd imunisasi TT sebelum nikah ini merupakan suntikan KB...tp kenapa dokternya ga terus terang yach...

  3. #3
    Moderator Mungil
    RIRIN is a jewel in the rough RIRIN is a jewel in the rough RIRIN is a jewel in the rough RIRIN is a jewel in the rough RIRIN's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jul 2005
    Lokasi
    Yogyakarta
    Posts
    9.217
    Rep Power
    22

    Default

    Quote Originally Posted by mitha_cool Tampilkan Postingan
    ini pengalaman pribadi, aku sebelum menikah jg ga ikut imunisasi TT, dan aku langsung bisa hamil, sedangkan kakak ku yg sebelum menikah mengikuti imunisasi TT sudah 9 thn menikah masih belum dikaruniai anak...
    aku ingat kata nenek sebelum punya anak jgn KB dulu, krn bisa2 rahimnya kering, dan setelah baca thread ini, aku berfikir, bisa jd imunisasi TT sebelum nikah ini merupakan suntikan KB...tp kenapa dokternya ga terus terang yach...
    Wew .. jadi ngeri ....

    Trus surat keterangan ikut imunisasi dapat dr mana ?

    "Untuk Menggapai Harapan, Harus Semangat"
    "Cewe Mungil nu geulis tea"
    www.facebook.com/ririn.nuryani
    www.skakmatgraphic.com






  4. #4
    Lurah mitha_cool is on a distinguished road mitha_cool's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jun 2009
    Lokasi
    at home....mmmm....
    Posts
    365
    Rep Power
    6

    Default

    Quote Originally Posted by RIRIN Tampilkan Postingan
    Wew .. jadi ngeri ....

    Trus surat keterangan ikut imunisasi dapat dr mana ?
    ga pake surat2an, wong aku nikahnya di KUA djkt, tempat tglnya suami, KUA aku disumatra, jd cm minta surat pengantar aja cukup, ga ribet koq rin, emang km mau nikah yah..

  5. #5
    Moderator Mungil
    RIRIN is a jewel in the rough RIRIN is a jewel in the rough RIRIN is a jewel in the rough RIRIN is a jewel in the rough RIRIN's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jul 2005
    Lokasi
    Yogyakarta
    Posts
    9.217
    Rep Power
    22

    Default

    Quote Originally Posted by mitha_cool Tampilkan Postingan
    ga pake surat2an, wong aku nikahnya di KUA djkt, tempat tglnya suami, KUA aku disumatra, jd cm minta surat pengantar aja cukup, ga ribet koq rin, emang km mau nikah yah..
    Gini loh ..aku smlm anter tmn ku .. ke pak lebeh (yg urus nikah). Beliau bilang jng lupa imunisasi .. gitu .. sebagai syarat ..

    Tanya lagi donk ...

    Kk km setelah suntik TT dapat surat ga ?

    "Untuk Menggapai Harapan, Harus Semangat"
    "Cewe Mungil nu geulis tea"
    www.facebook.com/ririn.nuryani
    www.skakmatgraphic.com






  6. #6
    Lurah mitha_cool is on a distinguished road mitha_cool's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jun 2009
    Lokasi
    at home....mmmm....
    Posts
    365
    Rep Power
    6

    Default

    Quote Originally Posted by RIRIN Tampilkan Postingan
    Gini loh ..aku smlm anter tmn ku .. ke pak lebeh (yg urus nikah). Beliau bilang jng lupa imunisasi .. gitu .. sebagai syarat ..

    Tanya lagi donk ...

    Kk km setelah suntik TT dapat surat ga ?
    ya dapet, justru diharuskan kalo didaerah untuk imunisasi dulu.
    nurut aku siy ga usah imunisasi2 gt, buktinya tuh aku baek2 aja and anak ku jg ga knp2...kan dari kecil imunisasinya udah lengkap..
    justru kk ku ini menyesalnya luar bisa, tp setelah di cek siy ok2 aja ga ada masalah, cmn dulu dokter yg periksa pernah tanya "pernah KB?" nah disitu aku dan kk ku kaget... setelah baca ini diotak ku sekarang berkesimpulan, suntikan TT sebelum nikah bisa jd suntikan KB

  7. #7
    Gubernur mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto's Avatar
    Tanggal Gabung
    Sep 2006
    Lokasi
    di kampung orang!
    Posts
    5.422
    Rep Power
    20

    Default



    ada-ada aja..

    anak ato keturunan itu rejeki.. yang menentukan ya Yang Maha Kuasa..
    kata tanteku yg seorang perawat, suntik tetanus sebelum nikah dan sebelum melahirkan itu penting lho..

    untuk suntik tetanus sebelum nikah mungkin maksudnya mencegah penyakit akibat pendarahan waktu malam pertama.. mungkin lho..

    istriku dulu juga suntik tetanus sebelum nikah.. hamil 3 bulan kemudian, tapi bukan karena suntikannya.. tapi telat "ngangkat" alias keluar di dalam (kebobolan).. kan kita berdua baru menikah pengen menunda kehamilan dulu..
    namanya anak ya dah rejeki kita kali..

    lebih baik mungkin tanya dokter kali yaa.. ntar aq tanyain kenalanku yg dokter spesialis kandungan.
    Yesterday is gone..
    Tomorrow has not yet come..
    We have only today..

  8. #8
    Camat cangkemsowek will become famous soon enough cangkemsowek will become famous soon enough cangkemsowek's Avatar
    Tanggal Gabung
    Sep 2007
    Posts
    923
    Rep Power
    9

    Default

    ya tu kan buat latian aja.....
    suntik kecil sebelum suntik besar.
    I LOVE INDONESIA !
    jangan gori iwak teri.....don't wori be heppiiiiiiiii......!!!
    gw me-rindu-kan lebih banyak lagi bata merah.

  9. #9
    Lurah mitha_cool is on a distinguished road mitha_cool's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jun 2009
    Lokasi
    at home....mmmm....
    Posts
    365
    Rep Power
    6

    Default

    tapi kenapa dokter yg periksa kk ku malah tanya balik kalo kk ku "pernah KB?" kesimpulannya kalo KB sebelum punya anak untuk nanti2 bisa lama dapet anak... iya siy emang anak itu rejeki, dan kalo memang bukan suntik KB kenapa setelah suntik itu ga langsung hamil aja...
    aku ga di imunisasi sblm nikah dan sampai sekarang baek2 aja...

  10. #10
    Gubernur Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater's Avatar
    Tanggal Gabung
    Apr 2009
    Lokasi
    Boegoer Koeta Hoejan
    Posts
    6.319
    Rep Power
    26

    Default

    Quote Originally Posted by cangkemsowek Tampilkan Postingan
    ya tu kan buat latian aja.....
    suntik kecil sebelum suntik besar.
    Jadi perlu pelatihan Dulu gituh om.....

    Emang penting banget yah imunisasi sebelum nikah?

Thread Yang Serupa

  1. Jawab: 49
    Postingan Terakhir: 09-12-09, 03:41 PM
  2. Ada Yang Mau di Suntik?
    By kang_cute in forum Warung Kopi
    Jawab: 9
    Postingan Terakhir: 19-11-09, 10:15 AM
  3. Suntik TT (anti tetanus) = KB ???
    By RIRIN in forum Sex & Date
    Jawab: 0
    Postingan Terakhir: 04-08-09, 03:11 PM
  4. INFORMASI AGAR PC SEHAT, ANTI HANG, ANTI LEMOT, FEEL NEW NIH
    By zaeenal in forum Komputer, Science, & Teknologi
    Jawab: 0
    Postingan Terakhir: 21-03-07, 09:24 AM
  5. [jayus] suntik, pukul, parah
    By Putramanado in forum Tebak-Tebakan
    Jawab: 12
    Postingan Terakhir: 10-05-05, 09:04 PM

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • Kamu tidak diijinkan edit postinganmu