Hai.. hai...
Apabila kamu melihat tulisan ini berarti kamu belum terdaftar sebagai warga KL. Ayo gabung dengan Daftar terlebih dahulu, tentunya kamu akan menemukan banyak teman untuk saling berbagi informasi ataupun solusi di forum ini.
Kujang - Pisau Khas Sunda?

+ Reply to Thread
Hal. 1 dari 2 1 2 TerakhirTerakhir
Menampilkan 1 s/d 10 dari 13
  1. #1
    Sesepuh KL ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi's Avatar
    Tanggal Gabung
    Nov 2004
    Lokasi
    Disebelah tuh!!
    Posts
    11.808
    Rep Power
    0

    Default Kujang - Pisau Khas Sunda?

    Jenis pisau Kujang, yang merupakan produk karya cipta asli kearifan lokal khas Sunda atau masyarakat Jawa Barat, hingga kini masih terus diteliti dengan kajian ilmiah, terutama mengenai asal lokasi diciptakannya."Meski kujang berasal dari Jawa Barat, namun masih belum diketahui awalnya dari kabupaten mana, karena itu belum bisa dipastikan dari Bogor, Bandung, Banten, Garut, Tasikmalaya maupun dari kabupaten lainnya," ungkap pakar sejarah Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung Dr Undang Ahmad Darsa, Kamis (16/7).

    Jenis pisau tersebut, terbagi beberapa klasifikasi pemanfaatannya terdiri untuk dipakai kerja, sebagai benda pusaka, sebagai senjata serta untuk hiasan dinding, katanya ketika ditemui wartawan seusai memperoleh 'Golden Honorary Police' di Mapolwil Priangan Garut.

    "Menurut dia, penggunaan pisau Kujang untuk senjata sejak dahulu hanya bersifat bertahan, yakni digunakan jika dalam kondisi sangat terpaksa jika mendapatkan serangan yang tidak bisa dihindari lagi, sehingga senjata ini sama sekali tidak digunakan untuk menyerang lawan," katanya.

    Dosen mahasiswa S2 dan peneliti tamu di negara Eropa itu juga mengemukakan, dalam perkembangannya kini bisa diketemukan jenis pisau Kujang dengan beragam bentuk, mulai dari yang sangat sederhana hingga bentuk-bentuk modifikasi dan modern.
    Sedangkan adanya pembangunan monumen pusaka terbesar di dunia, berupa sebuah senjata Kujang di Kampung Naga, yang digagas Kapolwil Priangan Kombes Anthon Charliyan serta KRT H. Derajat Hadiningrat, dinilai memiliki banyak manfaat.
    "Antara lain untuk mengingatkan generasi muda Jawa Barat, agar bisa menggunakannya secara bermanfaat, karena selama ini hanya dikenang dan disimpan atau barangkali hanya dijadikan hiasan," tandasnya.

    http://www.kapanlagi.com/h/pisau-kuj...-diteliti.html
    Terakhir diubah oleh ariesinardi; 17-07-09 pukul 11:56 AM.
    [COLOR=Blue][B]I HATE WIDE PEOPLE[/B][/COLOR]
    They Are Copies of Me!
    [URL="http://www.kapanlagi.com/clubbing/showthread.php?t=34434"] [/URL]

  2. #2
    Walikota avatas_naruto has disabled reputation avatas_naruto's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jun 2009
    Lokasi
    Di tempat sepi
    Posts
    3.756
    Rep Power
    21

    Default

    om... klo golok sama tombak dari mna ya om..????

  3. #3
    Sesepuh KL ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi's Avatar
    Tanggal Gabung
    Nov 2004
    Lokasi
    Disebelah tuh!!
    Posts
    11.808
    Rep Power
    0

    Default

    Walah.. tombak ama golok kudu ngeliat bentuknya lagi... keris aja ndak ternyata bentuk masing-masing daerah lain lagi lho...
    [COLOR=Blue][B]I HATE WIDE PEOPLE[/B][/COLOR]
    They Are Copies of Me!
    [URL="http://www.kapanlagi.com/clubbing/showthread.php?t=34434"] [/URL]

  4. #4
    Gubernur Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater's Avatar
    Tanggal Gabung
    Apr 2009
    Lokasi
    Boegoer Koeta Hoejan
    Posts
    6.319
    Rep Power
    26

    Angry

    Lah kirain Nama tempat Kujang... Soalnya waktu ke garut gw sering makan di kujang... eh taunya nama senjata

  5. #5
    Lurah masaries_deh is on a distinguished road masaries_deh's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jul 2009
    Posts
    282
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by ariesinardi Tampilkan Postingan
    Walah.. tombak ama golok kudu ngeliat bentuknya lagi... keris aja ndak ternyata bentuk masing-masing daerah lain lagi lho...
    nah kalo tumbaknya mas wisnu di thread sebelah gimana mas ar ? 86 86 meluncur ke TKP

  6. #6
    Walikota Queen Astrie is a jewel in the rough Queen Astrie is a jewel in the rough Queen Astrie is a jewel in the rough Queen Astrie is a jewel in the rough Queen Astrie's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jun 2009
    Lokasi
    BaTu,MaLAnG
    Posts
    2.988
    Rep Power
    11

    Default

    kujang

    kayanya iya deh dr jawa barat

    BABY.LOVE.MUSIK.`n DREAM



  7. #7
    Lurah prabuanom is on a distinguished road prabuanom's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jan 2009
    Posts
    429
    Rep Power
    6

    Default

    kujang memang senjata khas dari jawa barat

  8. #8
    Sesepuh KL ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi's Avatar
    Tanggal Gabung
    Nov 2004
    Lokasi
    Disebelah tuh!!
    Posts
    11.808
    Rep Power
    0

    Default

    oom prabuuuuuuuuuu.. kangen neh... .

    Omong2 kenapa bentuk kujang seperti itu ya? seperti nyala api (kaya tattoo gw)..
    dari dulu saya susah banget dapet penjelasannya, apalagi cara genggam yang benar dan cara penggunaannya.... ada yang bisa jelasin ga?
    [COLOR=Blue][B]I HATE WIDE PEOPLE[/B][/COLOR]
    They Are Copies of Me!
    [URL="http://www.kapanlagi.com/clubbing/showthread.php?t=34434"] [/URL]

  9. #9
    Gubernur Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    Bandung
    Posts
    5.629
    Rep Power
    28

    Default





    gw ini sebetulnya lucu lho
    sumpah demi Tuhan


  10. #10
    Gubernur Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    Bandung
    Posts
    5.629
    Rep Power
    28

    Default

    sumber: Eyang Wiki

    Kujang adalah sebuah senjata unik dari daerah Jawa Barat.
    Kujang mulai dibuat sekitar abad ke-8 atau ke-9, terbuat dari besi, baja dan bahan pamor,
    panjangnya sekitar 20 sampai 25 cm dan beratnya sekitar 300 gram.


    Kujang, senjata khas Sunda

    Kujang merupakan perkakas yang merefleksikan ketajaman dan daya kritis dalam kehidupan juga melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran. Menjadi ciri khas, baik sebagai senjata, alat pertanian, perlambang, hiasan, ataupun cindera mata.
    Pada zaman dulu perkakas ini hanya digunakan oleh kelompok tertentu yaitu para raja, prabu anom, golongan pangiwa, panengen, golongan agamawan, para putri serta golongan kaum wanita tertentu, dan para kokolot (sesepuh).

    dari sumber lain:

    Orang Sunda sering menyebut senjata khas ini dengan frase "kujang dua pangadekna" yang artinya kujang dengan dua bagian tajam, yaitu pada mata kujang ini dibagian ujung bercabang dua yang dapat digunakan untuk menjepit senjata lawan. Sekilas senjata ini mirip pedang Dzulfiqar milik Kangjeng Nabi (SAW) yang diwariskan pada penerusnya, Sayyidina Ali bin Abi Thalib (as).
    gw ini sebetulnya lucu lho
    sumpah demi Tuhan


Thread Yang Serupa

  1. kerak telor makanan khas betawi atau sunda???
    By jeng centil in forum Kuliner
    Jawab: 19
    Postingan Terakhir: 26-06-09, 09:51 PM
  2. BELATI = Beladiri Pisau Taktis Indonesia
    By Tenshin_shoden in forum Extreme Sports
    Jawab: 5
    Postingan Terakhir: 26-02-09, 07:25 PM
  3. pisau lipat
    By savikovic in forum Ketawa dong!
    Jawab: 7
    Postingan Terakhir: 23-06-08, 04:37 PM
  4. Kujang... ada yang tau nggak ya?
    By ariesinardi in forum Pelangi Nusantara
    Jawab: 5
    Postingan Terakhir: 25-03-08, 09:42 AM
  5. Pisau Lipat
    By niennien in forum Ketawa dong!
    Jawab: 6
    Postingan Terakhir: 17-03-06, 03:51 PM

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • Kamu tidak diijinkan edit postinganmu