Hai.. hai...
Apabila kamu melihat tulisan ini berarti kamu belum terdaftar sebagai warga KL. Ayo gabung dengan Daftar terlebih dahulu, tentunya kamu akan menemukan banyak teman untuk saling berbagi informasi ataupun solusi di forum ini.
kumpulan sastra Jawa

+ Reply to Thread
Hal. 1 dari 12 1 2 3 11 ... TerakhirTerakhir
Menampilkan 1 s/d 10 dari 113
  1. #1
    Lurah permenkaretmolor will become famous soon enough permenkaretmolor's Avatar
    Tanggal Gabung
    Oct 2008
    Lokasi
    bersemayam di mulkipli
    Posts
    364
    Rep Power
    7

    Post kumpulan sastra Jawa

    bukan nya mau kesukuan sih, abis yang bikin trit yang begini ga ada sih... jadi dari pada manyun bikin deh trit begini.....

    ok, pada intinya kita coba memahami sastra lama yuk, untuk pemahaman dari karya sastra tersebut diartikan sendiri aja... nanti kita saling koreksi... kan asik tuh... jadi kita bisa lebih paham peninggalan karya sastra lama gitu...... trus kenapa koq judulnya koq cuman "sastra jawa"......

    yang pertama, bahasa jawa adalah bahasa yang rumit, banyak kata dalam arti melebar atau menyempit... kadang saking melebarnya kadang malah sering terasa membingungkan ... terkadang juga saking menyempitnya malah bikin kita mikir iki opo to maksudnya......

    yang kedua, berubung yang bikin trit saya maka, yaaa... kalo bahasa lain sih emang saya minim, tapi bukan berarti juga saya juga fasih berbahasa jawa... maklum saya adalah salah satu korban gombalisasi dan modernisasi gitu hlo ....... jadi saya mikirnya "bahasa ibu" (jawa) saya saja masih harus sering tanya maksud dan artinya... apalagi bahasa yang lain gitu hlo (jelas saya tambah bingung setengah mati).... makanya untuk sekalian belajar bahasa jawa, serta idium idium nya biar kita sebagai bangsa yang ditinggalin banyak warisan oleh leluhur ga bingung dan bisa lebih mengerti dan semakin paham..... gitu hlo

    -------------------------------------------------------------------------
    beberapa sastra yang telah dikumpulkan adalah :

    - Petuah bijak dari pak Dalang (bag.1) (bag.2)
    - Nyidhamsari
    - WedhaRaga
    pupuh gambuh (bag.1) (bag.2)
    - Memayu Hayuning Pribadi
    (jilid 1) 1 - 8 (bag.1) (bag.2)
    - Memayu Hayuning Pribadi
    (Jilid 2) 9 - 16 (bag.1) (bag.2)
    - Wédhatama
    pupuh pucung
    - Petuah lama tentang “keberanian”
    - Cublak cublak suweng
    (tembang dolanan masa lalu)
    - Paribasan - bebasan - saloka (bag.1) (bag.2) (bag.3)
    - Wédhatama
    pupuh pangkur (bag.1) (bag.2)
    - Serat SABDA JATI PURWA MAHUGENA
    Terakhir diubah oleh permenkaretmolor; 21-03-09 pukul 05:34 PM.
    "suro sudiro jayaning kang rat, siuh brasto ulah cekaping darmastuti"

  2. #2
    Lurah permenkaretmolor will become famous soon enough permenkaretmolor's Avatar
    Tanggal Gabung
    Oct 2008
    Lokasi
    bersemayam di mulkipli
    Posts
    364
    Rep Power
    7

    Default

    ok sebagai awal... saya duluan aja kali yaaa....... berubung lagi males ngetik ngetik... maka saya ambilkan dari dari situ tuh hihihihi...

    begini tulisan nya........

    Petuah bijak dari pak Dalang


    Saya sebenarnya ga tau ini “pedotan” atau penggalan dari kidung/tembang apa begini teks tulisan nya……

    Ojo turu sore kaki
    Ono dewo nganlang jagad
    Nyangking bokor kencanan ne
    Isi ne dungo tetulak, sandang kalawan pangan
    Yoiku bagian ne nipun
    Wong melek, sabar, narimo

    Ono tulising Hyang Widi
    Yen wong sabar kan narimo
    Kinodrat dowo umur e
    Sugih kadang pawong mitro, kinacek ing sasomo
    Yen kujur o wong iku
    Gampang ngone antuk tombo


    Terjemahan bebas :

    Jangan tidur sore teman
    Ada dewa mengitari bumi
    Membawa “tas” emas nya
    (yang) Berisi doa penolak (bahaya), (doa mudah mendapat) pakaian dan (doa mudah mendapat) makanan
    Ya itu adalah bagian (jatah) dari
    Orang yang suka memanfaatkan waktu, bersabar, dan pemaaf

    Ada tulisan (petunjuk) dari sang pencipta
    Kalau orang sabar dan pemaaf (nerimo)
    Di kodratkan berumur panjang
    Banyak teman, mempunyai kelebihan di bandingkan yang lain nya
    (Jikalau) Diwaktu orang tersebut mendapatkan musibah
    (maka) akan gampang mendapatkan jalan keluar dari permasalahan tersebut.


    Pembahasan

    Pertama kali waktu saya mendengar kidung tersebut dikidungkan sama kakek saya waktu beliau bermain catur bersama teman nya… (saya pas itu suka sekali ikut njagong teman teman kakek, sebab mesti ada cemilan maklum anak usia 5-6 tahunnan masih suka suka nya makan)…. Kemudian kidung tersebut sering terdengar juga pas waktu saya diajak bapak saya untuk nonton wayang… ya pas usia sd – smp an gitu (awalnya saya suka nonton wayang gara2 kakek saya kalo ngajak nonton wayang mesti membelikan makanan soalnya jadi saya ikut terus kalo diajak dengan berharap nanti dibelikan makanan …. hehehehehehe) sampai awal masa perkuliahan saya benernya masih ga mudeng tentang kebijaksanaan dari kidung tersebut….. kemudian baru pada akhir2 ini saya baru mengerti (mungkin) dari maksud kidung tersebut…. Begini pengertian kidung tersebut (menurut versi saya sih, mungkin versi ngawur tapi gpp yang penting kalo saya salah di ingetin ya)


    Ojo turu sore kaki

    Maksud kata kata ini adalah jangan suka tidur dikala waktu luang, luangkan lah waktu mu untuk hal hal yang bermanfaat ….. secara history masyarakat nusantara adalah kebanyakan petani maka waktu sore hari adalah waktu luangnya kaum petani maka saya mendapatkan kesimpulan seperti diatas, dan juga sebab kebanyakan penggemar wayang adalah petani (mungkin) sebab perkembangan wayang (kulit) melalui masa kerajaan Mataram (islam) yang kalo kita melihat peta pemetaan wilayah kerajaan nya ada buanyak areal persawahan nya dari pada lautan nya.


    Ono dewo nganglang jagad, Nyangking bokor kencanane

    Kalo disimpulakan kedua kalimat kata diatas maka membentuk arti banyak berkah atau keuntungan apabila kita memanfaat kan waktu luang yang disebabkan kita banyak berintraksi dengan banyak orang, tentu pemilihan orang untuk berintraksi disini sangat menentukan…. Ditandaskan dengan kata “bokor kencana”…. (mungkin) maksudnya orang orang yang berilmu atau mempunyai wawasan luas sabab kata bokor kencana bisa di analogikan sebuah pemikiran yang bersinar (luas) jadi kesimpulan nya….. berkawan dan berdiskusi dengan orang2 yang berpikiran luas….


    Isine dungo tetulak, sandang kalawan pangan

    (mungkin) artinya adalah dengan kita mendapatkan hikmah(pencerahan atau bertambah wawasan) dari berdiskusi kita gampang dalam menyelesaikan permasalahan dalam hidup.

    Sandang dalam hal ini dimaksutkan bukan hanya baju akan tetapi esensi dari baju, apa esensi dari baju? Baju atau sandang esensi nya adalah kita tidak merasa malu atau rendah diri berarti dapat disimpulkan bahwa denag bertambah wawasan nya kita bisa menyebabkan kita bisa aktif dalam berdiskusi sehingga kita bisa slalu mengasah wawasan kita saling isi dan melengkapi, jadi makna sandang disini adalah esensi dari sandang tersebut jadi bukan sandang yang berarti pakaian

    Pangan atau makanan (dlm bhs indonesia) kemungkinan memiliki arti “pangupo bogo” atau dalam bahasa keren nya pekerjaan… jadi dengan memiliki wawasan luas dan pemahaman tentang banyak “ilmu” dan informasi yang luas kita tidak sampai bingung dalam cari makan, sebab pada dasarnya manusia membutuhkan sumber energi yang diperolehnya dari (bahan) makanan kaya bakso, soto, mie goreng, dan lain sebagainya.. termasuk juga minuman nya hlo kaya es degan, teh, kopi dan lain lain

    Jadi kesimpulan nya, bila kita berwawasan luas maka kita bisa mengerti dan menyelasaikan permasalan kehidupan (berkaitan dengan masalah masyarakat), kemudian kita tidak merasa redah diri serta kita slalu bisa hidup atau mencari pekerjaan yang baik dan terpuji untuk mecukupi kebutuhan kita.



    Yo iku bagian ne nipun, wong melek, sabar narimo

    Artinya semua itu adalah bagian atau lebih jelas nya hak dari orang yang suka memanfaatkan waktu dengan baik, sabar dalam belajar dan berdikusi serta senang mengakui kesalahan cara berpikirnya apa bila terjadi kesalahan dalam cara pandang alam pikirnya, memperbaiki kesalahan apabila terjadi kesalahan yang terjadi dalam alur berpikirnya (artinya tidak sombong dan egois)

    Kesimpulan diatas berdasarkan kata sabar dan nerimo, kata sabar dan nerimo bila diartikan secara harafiah memang berarti pemaaf dan menerima, tapi bila kita lebih mendalami arti sabar dapat diartikan kita bisa menerima segala macam hal secara tulus dikarenakan kita sadar sesadar sadarnya dan mengerti apa yang benar secara fakta yang nyata dan bisa dibuktikan secara data yang bisa dipertanggung jawabkan, arti kata nrimo secara harafiah memang menerima akan tetapi arti menerima disini (mungkin) lebih dalam dari arti cuman “menerima” saja, artinya menerima pendapat atau hasil diskusi karena keyakinan akan kebenaran tentang hal tersebut dan kemudian dilakukan dan diyakini dengan sepenuh hati.



    Jadi kesimpulan arti terhadap kelompok kata kata tembang petama adalah :

    Ojo turu sore kaki
    Ono dewo nganlang jagad
    Nyangking bokor kencanan ne
    Isi ne dungo tetulak, sandang kalawan pangan
    Yoiku bagian ne nipun
    Wong melek, sabar, narimo



    “luangkan lah waktu luangmu untuk hal hal yang bermanfaat, dengan jalan berdiskusi dan beriterekasi dengan orang orang yang memiliki kebijaksana-an (kecerdasan) dan kelebihan dalam hal wawasan, sehingga dapat menyelesaikan segala permasalahan kehidupan, serta menjadikan (mu) tidak merasa menjadi rendah diri, dan bisa mencari sumber penghasilan yang terpuji (baik) guna pemenuhan kebutuhan kehidupan. Dan itu semua adalah hak dari orang yang bersabar serta giat dalam mencari (memperdalam) pengetahuan, dan menjalankan semua hal yang diketahuinya secara baik dan penuh dengan kesadaran.”



    .....................................bersambung

    "suro sudiro jayaning kang rat, siuh brasto ulah cekaping darmastuti"

  3. #3
    Lurah permenkaretmolor will become famous soon enough permenkaretmolor's Avatar
    Tanggal Gabung
    Oct 2008
    Lokasi
    bersemayam di mulkipli
    Posts
    364
    Rep Power
    7

    Default

    sambungan dari "Petuah bijak dari pak Dalang"..................
    ---------------------------------------------------------------------

    Kemudian kita branjak mencari makna kata kata dalam kelompok kata yang kedua

    Ono tulising Hyang Widi, Yen wong sabar kan narimo, Kinodrat dowo umur e

    Hmmmm kalo yang ini aga berbau spiritual kaya nya ya… ya walau saya ga seberapa ngerti tentang spiritual, tetep aja ngotot untuk menguraikan, ga papa ya hihihihihihihihihihi…… dalam kitab yang terjanjikan atau kadang biasa secara jamaknya “firman” atau dalam arti kata yang lain adalah “hukum alam” atau dalam bahasa jawa “jamak lumrah- nya” kalau orang tekun mencari keilmuan dengan jalan slalu bersabar (tidak mengikut sertakan egonya) akan mendaptkan umur yang panjang

    Nah mungkin yang jadi pertanyaan adalah umur yang panjang? Koq bisa? Penjelasan nya gimana? Kalo ga salah gini (aduh udah jadi kebiasan kaya nya aku nulis mesti diawalin dengan gini dan gitu… tauk ah ) umur atau tingkat stress seseorang memicu tibulnya sakit pada tubuh kaya steees dan lain lain nya… apabila kita sadar dalam bersabar maka kita bisa mengurangi tingkatan streees kita… sehingga kita bisa meminimalkan…. Sekali lagi meminimalkan gangguan tubuh kita (penyakit) yang kita peroleh akibat dari gangguan saraf berpikir kita… nah jelas kan kenapa koq jadi panjang umurnya, mungkin analogi seperti itu yang digunakan.


    Sugih kadang pawong mitro, kinacek ing sasomo

    Nah yang ini keliatannya ga terlalu rumit, sugih kadang pawong mitro artinya banyak memiliki teman dan sahabat dikerenakan slalu terus mencoba berinteraksi dengan lingkungan.

    Kemudian kinacek ing sasomo, artinya menjadi berbeda (melebihi) sesamanya….. jadi kaya alien kah? Huahahahahahahahahahaha iya kaya nya hehehehehehehe ga ding, gini hlo (aduh napa nih koq pake kata gini terus ) yang dibilang berbeda dengan sesamanya adalah menjadi tokoh atau ditokohkan atau dipercaya oleh lingkungan nya sebab dikarenakan wawasan dan kebijaksanaan-nya… jadi bukan kemudian berbentuk kaya alien huahahahahahahahahaha………


    Yen kujur o wong iku, Gampang ngone antuk tombo

    Artinya bila terkena sebuah masalah orang tersebut mudah memperoleh obat…

    Nah maksutnya apabila orang itu mendapat (diberikan) sebuah masalah maka dengan cara pandangnya yang luas dan cara berpikir cerdas dan bijaksana dia bisa mendapatkan jalan keluar yang relative mudah bagi dia (dia ga tau bagi orang lain) dan cepat… sehingga dia bisa secara cepat mengambil kesimpulan dengan jalan sebuah pemetaan yang berdasar dari keadaan nyata sehingga dia bisa mengetahui celah mana dan hambatan dimana saja yang ada… kurang lebih nya kaya itu jadi……

    Arti kelompok bait yang kedua berarti adalah :

    Ono tulising Hyang Widi
    Yen wong sabar kan narimo
    Kinodrat dowo umur e
    Sugih kadang pawong mitro, kinacek ing sasomo
    Yen kujur o wong iku
    Gampang ngone antuk tombo



    “telah digariskan dalam kenyataan yang terjadi bahwa orang yang bersabar (tekun dalam memperdalam ilmu) dan menjalan kan ilmu (pengetahuan) tersebut mendapatkan umur yang panjang disababkan dia tidak merasa sombong dan egois (tetep santai santai aja), karena kelakuan nya itu dia gampang berinteraksi dengan semua orang sehingga mempunyai banyak kawan dan sahabat dimana saja dan di semua kalangan, kalo ternyata orang tersebut mendapatkan masalah maka dia dengan wawasan dan pengetahuannya bisa dapat mudah mendapatkan jalan keluar”





    Hmmm selesai juga tulisan ku, hihihihihihihihihi ya itu semua sih dari pengetahuan saya yang ngawur dan menghasilkan utak atik gatuk yang kelewatan… ya kali kali aja bener…. Emmmm bener ga ya aku sendiri juga bingung …. Smoga bermanpaat deh tulisan ku ini


    Mohon koreksinya ya dari semua yang baca artikel ini, tengkiu so mut bi pore
    "suro sudiro jayaning kang rat, siuh brasto ulah cekaping darmastuti"

  4. #4
    Walikota etca is just really nice etca is just really nice etca is just really nice etca is just really nice etca's Avatar
    Tanggal Gabung
    Nov 2008
    Lokasi
    aarde
    Posts
    1.771
    Rep Power
    11

    Default

    Hehehehhe nice posting neh.

    Tapi kok berasa jadi agak tumpang tindih ama thread² yang di Regional Jateng DIY dan Bohemian *meski dikit yang di Bohemian*
    Dan hanya beberapa saja yang ditranslate ke Bahasa Indonesia

    Berikut listnya, yang saya temu:
    1. Campursari,
    2. Ayo nembang Macapatan....
    4. Tulisen Nganggo Aksara Jawa *iki sastra po dudu?*
    5. Geguritan Basa Jawi
    6. Primbon Jawi - Petung Salaki Rabi lan Pancasuda *iki dudu sastra yak?*
    7. Serat Yasadipura
    8. Kidung Katresnan
    simpel aja

  5. #5
    Lurah prabuanom is on a distinguished road prabuanom's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jan 2009
    Posts
    429
    Rep Power
    6

    Default

    Quote Originally Posted by etca Tampilkan Postingan
    Hehehehhe nice posting neh.

    Tapi kok berasa jadi agak tumpang tindih ama thread² yang di Regional Jateng DIY dan Bohemian *meski dikit yang di Bohemian*
    Dan hanya beberapa saja yang ditranslate ke Bahasa Indonesia

    Berikut listnya, yang saya temu:
    1. Campursari,
    2. Ayo nembang Macapatan....
    4. Tulisen Nganggo Aksara Jawa *iki sastra po dudu?*
    5. Geguritan Basa Jawi
    6. Primbon Jawi - Petung Salaki Rabi lan Pancasuda *iki dudu sastra yak?*
    7. Serat Yasadipura
    8. Kidung Katresnan
    apa disana dibahas mendalam sampe seperti apa yang kang mas molor lakukan?atau cuma copas dan memberikan secara utuh teks maknanya?

  6. #6
    Walikota etca is just really nice etca is just really nice etca is just really nice etca is just really nice etca's Avatar
    Tanggal Gabung
    Nov 2008
    Lokasi
    aarde
    Posts
    1.771
    Rep Power
    11

    Default

    Quote Originally Posted by prabuanom Tampilkan Postingan
    apa disana dibahas mendalam sampe seperti apa yang kang mas molor lakukan?atau cuma copas dan memberikan secara utuh teks maknanya?
    mungkin karena miliunya, jadi pergerakan untuk mengupas tuntas secara mendalam tidak seperti yang dilakukan oleh mbah molor di sini.

    thread2 di sana relatif memang tidak terlalu membuat kening terlalu berkerut seperti di Pelangi Nusantara heheheh
    simpel aja

  7. #7
    Moderator Kahyangan
    Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada's Avatar
    Tanggal Gabung
    Apr 2005
    Lokasi
    Sudukpangudaludal
    Posts
    4.380
    Rep Power
    10

    Default

    Quote Originally Posted by prabuanom Tampilkan Postingan
    apa disana dibahas mendalam sampe seperti apa yang kang mas molor lakukan?atau cuma copas dan memberikan secara utuh teks maknanya?
    Maunya sih membahas.... tapi gandheng gak ada yang respon ya lama lama TS jadi wegah....


    "OM BHUR BHUVAHA SWAHA OM TAT SAVITUR VARENYAM
    BHARGHO DEVASYA DHIMAHI DHIYO YONAHA PRACHODAYAT
    "


  8. #8
    Lurah prabuanom is on a distinguished road prabuanom's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jan 2009
    Posts
    429
    Rep Power
    6

    Default

    Quote Originally Posted by Bathara Narada Tampilkan Postingan
    Maunya sih membahas.... tapi gandheng gak ada yang respon ya lama lama TS jadi wegah....
    disini ajah kalo gitu mbahasanya mbah

  9. #9
    Ketua RT unz!p is on a distinguished road unz!p's Avatar
    Tanggal Gabung
    Dec 2008
    Lokasi
    EMANG PENTING YAH??
    Posts
    46
    Rep Power
    0

    Default

    mantab mas pembabaran nya

    TEMAN DALAM BERMAIN..MUSUH DALAM BERCINTA

    FORZA MILAN...!!!



    ~~TUNA SATAK..BATHI SANAK~~


  10. #10
    Lurah permenkaretmolor will become famous soon enough permenkaretmolor's Avatar
    Tanggal Gabung
    Oct 2008
    Lokasi
    bersemayam di mulkipli
    Posts
    364
    Rep Power
    7

    Default

    Quote Originally Posted by etca Tampilkan Postingan
    Hehehehhe nice posting neh.

    Tapi kok berasa jadi agak tumpang tindih ama thread² yang di Regional Jateng DIY dan Bohemian *meski dikit yang di Bohemian*
    Dan hanya beberapa saja yang ditranslate ke Bahasa Indonesia

    Berikut listnya, yang saya temu:
    1. Campursari,
    2. Ayo nembang Macapatan....
    4. Tulisen Nganggo Aksara Jawa *iki sastra po dudu?*
    5. Geguritan Basa Jawi
    6. Primbon Jawi - Petung Salaki Rabi lan Pancasuda *iki dudu sastra yak?*
    7. Serat Yasadipura
    8. Kidung Katresnan
    Quote Originally Posted by prabuanom Tampilkan Postingan
    apa disana dibahas mendalam sampe seperti apa yang kang mas molor lakukan?atau cuma copas dan memberikan secara utuh teks maknanya?
    Quote Originally Posted by Bathara Narada Tampilkan Postingan
    Maunya sih membahas.... tapi gandheng gak ada yang respon ya lama lama TS jadi wegah....
    trimakasih binti matur nuwun atas responnya...........

    jadi gini, pada dasarnya banyak sastra atau kata kata idium idium dalam bahasa jawa yang tidak diketahui oleh banyak orang, sebab kata kata dalam bahasa Jawa memang memiliki arti yang sangat buanyak dan meluas... lebih lebih dalam karya sastranya...... jadi ga ada salahnya kan, kita sebagai generasi muda berdiskusi tentang hal tersebut.... ya itung itung latian memahami tinggalan dari nenek moyang gitu hlo......

    dengan mengunakan bahasa yang lebih mudah dipahami, yuk kita saling asah asuh memahami sebuah bahasa dan sastra lama... kalo kita sendiri yang ga mempelajari hla siapa dong... yang harus mempelajarinya

    oleh sebab itu, memang ditekankan pada pengumpulan karya karya sastra, atau petuah petuah atau apa pun yang berbentuk dari sebuah kata kata lama.... akan tetapi yang lebih penting adalah memahami makna dari kata kata dan idium idium yang digunakan... ya kan..

    sehingga kita bisa tau maksud dan tujuan nya, oleh sebab itu betapa indahnya bila kita menggunakan bahasa sehari hari yang tiap hari kita gunakan.... walau itu bahasa gaul sekalipun kan lebih asyiiiik dan lebih enak bacanya ......


    ada bahan yang diberikan sama kang etca, kalo inggin mengartikan yang disana monggo hlo..... trus di taruh sini trus kita bahas rame rame... kan asyik tuh.....

    masak yang tau budaya bangsa kita malah orang asing, padahal kekayaan khasanah dan keruwetan alam pikirnya kan... secara genetika di wariskan pada kita.... jadi harus nya kita dong yang lebih tau dari mereka, hla wong kita ini kan subjek penelitiannya

    Quote Originally Posted by unz!p Tampilkan Postingan
    mantab mas pembabaran nya
    tarimo kasih mas e.........
    "suro sudiro jayaning kang rat, siuh brasto ulah cekaping darmastuti"

Thread Yang Serupa

  1. Singkatan Nama Kota Kota di Jawa Tengah dalam Bahasa Jawa
    By Bathara Narada in forum Ketawa dong!
    Jawab: 20
    Postingan Terakhir: 22-06-10, 01:46 PM
  2. Tipe Wanita Jawa Ideal Menurut Kamasutra Jawa!
    By Merlin in forum Dunia Romansa
    Jawab: 20
    Postingan Terakhir: 03-01-09, 12:53 PM
  3. Primbon Jawa - Petung Salaki Rabi dan Pancasuda (Bhs. Jawa)
    By Bathara Narada in forum Dunia Lain
    Jawab: 0
    Postingan Terakhir: 18-07-08, 06:43 AM
  4. Sastra jawa
    By RasCaL in forum Bohemian
    Jawab: 0
    Postingan Terakhir: 21-11-05, 04:35 AM
  5. kumpulan... sastra r_rahmania
    By r_rahmania in forum Bohemian
    Jawab: 8
    Postingan Terakhir: 11-09-05, 07:17 PM

Add More Tags

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • Kamu tidak diijinkan edit postinganmu