Hai.. hai...
Apabila kamu melihat tulisan ini berarti kamu belum terdaftar sebagai warga KL. Ayo gabung dengan Daftar terlebih dahulu, tentunya kamu akan menemukan banyak teman untuk saling berbagi informasi ataupun solusi di forum ini.
Tanaman penyerap debu, peredam suara, penyerap polusi udara, dan pengeliminasi bau

+ Reply to Thread
Menampilkan 1 s/d 8 dari 8
  1. #1
    Moderator yg Terpuji tHE_bRANDALS has a spectacular aura about tHE_bRANDALS has a spectacular aura about tHE_bRANDALS has a spectacular aura about tHE_bRANDALS's Avatar
    Tanggal Gabung
    Apr 2008
    Posts
    1.439
    Rep Power
    10

    Default Tanaman penyerap debu, peredam suara, penyerap polusi udara, dan pengeliminasi bau

    bagi2 sedikit pengetahuan..., dari tetangga sebelah...

    Tanaman berdaun kecil-kecil dan lebat diduga memiliki daya isap CO2 lebih kuat dibanding yang lebar tetapi sedikit. Ada beberapa jenis tanaman yang ditandainya mampu menyerap gas beracun dengan berbagai kapasitas rendah hingga sedang. Misalnya, puring, lidah mertua, sri rejeki, monstera, dan pandan bali.

    Tanaman sebagai pengeliminasi bau, diketahui Iin saat berkunjung ke suatu kawasan berbukit-bukit di Brazil. Tanah yang kondisinya mirip daerah Gunung Kidul itu digunakan untuk beternak sapi sekaligus kebun jeruk. ''Saat jeruk berbunga, wangi bunganya yang segar menguasai jalan, ada baiknya menanam bunga-bunga wangi seperti melati, gardenia, sedap malam, quisqualis atau kemuning. Untuk tanah dataran tinggi, lebih banyak lagi tanaman berbunga wangi yang bisa ditanam. Termasuk di antaranya kecubung (Datura) dan pinus.
    Selain itu, bau juga bisa ditangkal dengan tanaman jenis penghalang angin seperti bambu dan beringin. Bau-bau menyengat secara tidak langsung terhalang di daun sehingga tak tercium hidung. Apa yang bisa ditanam bila rumah berada di kawasan industri yang dilalui jalan berdebu? Iin menyarankan agar memagari halaman dengan tanaman perdu atau jenis tanaman penghalang. Cirinya, berdaun banyak, kecil-kecil, lebat dengan percabangan banyak.

    Tanaman penghalang mampu menyerap debu. Butiran halus kotoran akan menempel pada daun yang kemudian luruh saat diguyur hujan. ''Perdu juga peredam suara, lho,'' kata Iin. Ia menggambarkan bentuk gelombang suara yang melingkar vertikal dan horisontal 'seperti bola' bakal terhambat jalannya oleh daun perdu yang relatif rapat. Alternatif yang bisa dipilih adalah pohon teh-tehan, kembang anak nakal (Durant repens), dan tanaman dolar (Ficus pumila).

    Apa yang bisa dilakukan untuk kawasan yang kena serapan cemaran air? Iin mengaku belum bisa menyarankan apa-apa untuk kondisi ini. Sebab, dari pengamatannya saat terlibat dalam studi AMDAL ia melihat tanaman memiliki ambang batas tertentu terhadap cemaran bahan kimia. Di daerah yang dialiri limbah batik yang sangat polutan itu, tak ada rerumputan pun yang mau tumbuh. Saat pencemaran sudah sampai taraf yang tinggi mungkin bukan lagi 'urusan' tanaman hias. Bila mempunyai halaman luas dan ingin membersihkan udara, beberapa pohon yang biasa dimanfaatkan untuk penghijauan kota bisa jadi pilihan. Endes Nurfilmarasa Dahlan, dosen Fakultas Kehutanan IPB yang dikutip Trubus menyebutkan beberapa pohon yang punya kemampuan tinggi menyerap timah hitam, yakni asam landi, damar, jamuju, johar, mahoni, dan pala. Pohon yang cocok untuk kawasan pabrik semen adalah bisbol, kere payung, kenari, meranti merah, dan tanjung. Sebab, pohon-pohon ini mampu menyerap debu semen.
    Innocent - "Pi"

  2. #2
    Sesepuh KL ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi is a glorious beacon of light ariesinardi's Avatar
    Tanggal Gabung
    Nov 2004
    Lokasi
    Disebelah tuh!!
    Posts
    11.808
    Rep Power
    0

    Default

    Nice info brader....
    [COLOR=Blue][B]I HATE WIDE PEOPLE[/B][/COLOR]
    They Are Copies of Me!
    [URL="http://www.kapanlagi.com/clubbing/showthread.php?t=34434"] [/URL]

  3. #3
    Ketua RW keris is on a distinguished road
    Tanggal Gabung
    Oct 2008
    Posts
    51
    Rep Power
    0

    Default Thanks

    Thanks for infonya, tapi untuk rumah sempit dan gak ada lahannya kira kira apa yang cocok yah? Pengen nanem tanaman tapi ada tempat
    [CENTER][URL="http://blogkeris.blogspot.com"][B][COLOR=Blue]@@@[/COLOR][COLOR=Teal]@@[/COLOR] Learn[/B] & [B]Share[/B] [B][COLOR=Blue]@@@[/COLOR][COLOR=Magenta]@@[/COLOR][/B][/URL]
    [B][URL="http://blogkeris.blogspot.com/"][B][COLOR=Blue]@[/COLOR][COLOR=Teal]@@[/COLOR][/B][/URL][/B] [URL="http://sikris.com/2009/02/02/kampanye-damai-pemilu-indonesia-2009/"]Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009[/URL][B][COLOR=Blue]@@@[/COLOR][/B]
    [B][URL="http://blogkeris.blogspot.com/"][B][COLOR=Blue]@[/COLOR][COLOR=Teal]@@[/COLOR][/B][/URL][/B] [URL="http://thinkforfirst.com"]under contruction[/URL] & [URL="http://seeit4fun.com"]Tukang Nggame [/URL][URL="http://blogkeris.blogspot.com/"][B][COLOR=Blue]@@@[/COLOR][/B][/URL]

    [/CENTER]

  4. #4
    Lurah the_yuda is on a distinguished road the_yuda's Avatar
    Tanggal Gabung
    Sep 2008
    Lokasi
    your illusion
    Posts
    391
    Rep Power
    0

    Default

    dari dulu ..tanaman itu penyeimbang bumi...
    mulai dari hutan hingga lumut...semua berfungsi penting dalam keseimbangan alam.
    [FONT=Fixedsys][SIZE=3][COLOR=seagreen][SIZE=5][COLOR=Black][FONT=Arial Black]waktunya beraksi...[/FONT][/COLOR][/SIZE]
    [/COLOR][/SIZE][/FONT][FONT=Fixedsys][SIZE=3][COLOR=#2e8b57][/COLOR][/SIZE][/FONT]

  5. #5
    Lurah bronze is on a distinguished road
    Tanggal Gabung
    Nov 2008
    Posts
    162
    Rep Power
    0

    Default

    luar biasa...memang Tuhan sudah mengatur semuanya. Dari hal yang kecil tak pernah kita pikirkan itu sudah di sediain. Nice Info.. kita pakei yang nature aje... kembali ke alam nih.....

  6. #6
    Warga yodha_muhdiya is on a distinguished road
    Tanggal Gabung
    Dec 2008
    Posts
    23
    Rep Power
    0

    Default

    thanx info ny gan
    nggak lagi, nggak lagi

  7. #7
    Warga Delicio.us is on a distinguished road
    Tanggal Gabung
    Dec 2008
    Posts
    17
    Rep Power
    0

    Default

    Saya coba bli dulu dehh :d

  8. #8

    Default

    Kalo ngga ada tempat ya di pot aja......

    Win
    http://gardenfurniture-info.blogspot.com/

Thread Yang Serupa

  1. MANUSIA di KREMASI menjadi DEBU, debu nyaa jadi PERMATA
    By Strawberry Girl in forum Warung Kopi
    Jawab: 16
    Postingan Terakhir: 13-04-10, 04:42 AM
  2. Awan Debu Bimasakti Rasanya seperti Raspberry!
    By ariesinardi in forum Warung Kopi
    Jawab: 8
    Postingan Terakhir: 22-04-09, 01:48 PM
  3. Penyerap Bau Kentut Paling Handal!
    By ariesinardi in forum Zona Gokil
    Jawab: 10
    Postingan Terakhir: 08-12-08, 05:14 PM
  4. Bersepeda Telanjang Untuk Protes Polusi
    By XBuGX in forum Warung Kopi
    Jawab: 8
    Postingan Terakhir: 07-07-08, 12:07 PM
  5. POLUSI... Oh... POLUSI
    By Dhani_Indigo in forum Diskusi Bebas
    Jawab: 7
    Postingan Terakhir: 03-07-06, 01:25 PM

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • Kamu tidak diijinkan edit postinganmu