Hai.. hai...
Apabila kamu melihat tulisan ini berarti kamu belum terdaftar sebagai warga KL. Ayo gabung dengan Daftar terlebih dahulu, tentunya kamu akan menemukan banyak teman untuk saling berbagi informasi ataupun solusi di forum ini.
Segitiga BERMUDA di INDONESIA

+ Reply to Thread
Hal. 1 dari 2 1 2 TerakhirTerakhir
Menampilkan 1 s/d 10 dari 14
  1. #1
    Camat Magaski will become famous soon enough Magaski's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jul 2008
    Lokasi
    Nusantara
    Posts
    584
    Rep Power
    7

    Thumbs up Segitiga BERMUDA di INDONESIA

    Segitiga bermuda di INDONESIA



    SAGORI,SEGITIGA BERMUDA DI INDONESIA



    Kemolekan Pulau Sagori, Kabaena, Sulawesi Tenggara, kerap dinikmati oleh turis mancanegara sebelum tragedi bom Bali Oktober 2002. Pulau itu menyimpan misteri, antara lain seringnya kapal karam.. Pantas banyak yang menyebutnya Segitiga Bermuda di Kabaena.

    Pulau Sagori di Kecamatan Kabaena, Kabupaten Bombana, itu merupakan karang atol berbentuk setengah lingkaran. Pulau tersebut tak lebih dari onggokan pasir putih dengan panjang sekitar 3.000 meter dan pada bagian tengah yang paling lebar, 200 meter.

    Wisatawan asing biasanya singgah di pulau itu dengan kapal pesiar setelah mengunjungi sejumlah obyek wisata di Kabupaten Buton dan Muna. Di Sagori mereka berjemur di atas pasir putih sambil menunggu bola matahari yang perlahan meredup saat hendak terbenam. Seusai menyaksikan gejala alam yang mengagumkan itu mereka pun melanjutkan perjalanan.

    Sagori sebetulnya lebih menarik jika dilihat dari pegunungan di Pulau Kabaena. Dari ketinggian jarak jauh itu Sagori menampilkan sapuan empat warna, yakni biru tua sebagai garis terluar, biru muda, garis putih, kemudian hijau di tengah. Warna hijau bersumber dari tajuk-tajuk pohon cemara yang melindungi pulau tersebut.

    Jarak terdekat dengan daratan Kabaena sekitar 2,5 mil. Namun, pengunjung biasanya bertolak dari Sikeli, kota pelabuhan di Kecamatan Kabaena Barat, dengan jarak sekitar empat mil atau sekitar 30 menit dengan perahu motor. Sagori merupakan wilayah Kelurahan Sikeli.

    Kata ”sagori” konon diambil dari nama seorang gadis yang ditemukan warga Pongkalaero–kini sebuah desa di Kabaena —pada saat air surut tak jauh dari pulau itu. Gadis itu diceritakan menghuni kima raksasa yang terjebak karena air surut.

    Saat ditemukan, gadis tersebut dalam keadaan lemah tak berdaya. Para pemburu hasil laut kemudian menggendongnya ke sebuah onggokan pasir sebelum dibawa ke mokole (raja) di Tangkeno di lereng Gunung Sangia Wita, puncak tertinggi (1.800 meter) di Kabaena.

    Namun, setelah beberapa saat diistirahatkan di onggokan pasir, gadis tersebut meninggal dunia. Sebelum meninggal ia sempat menyebut namanya, Sagori.. Sejak itu penduduk menamakan onggokan pasir itu Pulau Sagori.

    Kuburan kapal

    Keindahan Sagori di atas permukaan sangat kontras dengan kondisi alam dasar laut di sekitar pulau tersebut. Belantara batu karang yang terhampar di kawasan perairan pulau itu menyimpan misteri yang menyulitkan para pelaut, bahkan tidak jarang membawa petaka yang amat menakutkan.

    Seperti diungkapkan beberapa tokoh masyarakat suku Sama (Bajo) di Kabaena, karang dan perairan Pulau Sagori hampir setiap dua tahun menelan korban berupa kapal pecah karena menabrak karang maupun korban manusia yang dibawa hanyut gulungan ombak pantai pulau tersebut.

    Musim libur tahun lalu, misalnya, seorang siswa SMA Negeri 1 Kabaena tewas dihantam ombak yang datang mendadak saat dia bersama sejumlah temannya mandi-mandi di pantai. Sebelumnya, seorang ibu mengalami nasib serupa tatkala sedang mandi-mandi di sana.

    Menjelang Lebaran lalu, sebuah kapal kayu kandas kemudian tenggelam di perairan pulau itu saat kapal dalam perjalanan dari Sikeli menuju Jeneponto, Sulawesi Selatan. Tidak ada korban jiwa, kecuali kapal tak dapat diselamatkan.

    Dua tahun sebelumnya kecelakaan menimpa sebuah kapal dalam perjalanan dari Bulukumba (Sulsel) menuju Maluku dengan muatan sembako dan bahan bangunan.

    ”Tidak bisa dihitung lagi jumlah kapal yang terkubur di dasar laut Sagori,” ujar Uja’ (60), nelayan Sikeli dari suku Bajo.

    ”Kuburan” tersebut termasuk rongsokan kapal layar VOC dan kapal yang diperkirakan berasal dari China di kedalaman sekitar 13 meter saat air surut. Subair (57), Kepala SMP Negeri Sikeli, menemukan kapal tersebut pada 1973. ”Saya yakin itu kapal China karena masih menyimpan harta karun berupa piring antik dan gerabah lainnya,” katanya.

    Menurut Subair, kecuali barang pecah belah, petunjuk lainnya adalah simbol-simbol China pada kapal maupun gambargambar naga yang terukir jelas.

    Cerita seputar Pulau Sagori mirip Segitiga Bermuda (Bermuda Triangle) di Lautan Atlantik. Sagori juga menjadi kuburan bagi kapal-kapal yang berlayar mendekati pulau yang terletak 2,5 mil arah barat daya Pulau Kabaena itu.

    Perairan Segitiga Bermuda terbentuk oleh garis (lurus) imajiner yang menghubungkan tiga titik, masing-masing di Pulau Bermuda, Miami (AS), dan Puerto Rico. Di wilayah perairan segitiga itulah dunia selalu dikejutkan denngan hilangnya sejumlah kapal bersama penumpang dan awaknya tanpa bekas. Bahkan, pesawat terbang juga kerap kali hilang misterius di atas perairan itu tanpa bisa dideteksi. Karena itu, Segitiga Bermuda dikenal sebagai ”Kuburan Atlantik”.

    Tragedi kapal VOC

    Kecelakaan laut terbesar di Sagori terjadi pertengahan abad ke-17 yang menimpa lima kapal milik VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie), perusahaan dagang Kerajaan Belanda di Asia Timur yang beroperasi di Nusantara untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah. Kelima kapal itu bersamaan menabrak karang dalam perjalanan iring-iringan dari Batavia menuju Ternate (Maluku Utara).

    Informasi agak lengkap tentang peristiwa empat abad silam itu dipaparkan Horst H Liebner, tenaga ahli bidang budaya dan sejarah bahari pada Badan Riset Kelautan dan Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan, saat mengikuti Simposium Internasional Pernaskahan Nusantara IX di Bau-Bau, 5-8 Agustus 2005 lalu.


    Menurut Liebner, peristiwa kandasnya kelima armada VOC di karang Pulau Sagori pada 4 Maret 1650 itu amat menarik untuk diteliti lebih mendetail. Namun, dia mengaku belum sempat membaca keseluruhan naskah catatan harian awak kapal tersebut.

    Kelima kapal layar Belanda itu adalah Tijger, Bergen op Zoom (berdaya angkut 300 ton), Luijpaert (320 ton), De Joffer (480 ton), dan Aechtekercke (100 ton). Data daya angkut Tijger yang bertindak sebagai kapal komando tak disebutkan oleh Liebner. Seluruh penumpang (581 orang) dapat diselamatkan. Mereka terdiri dari awak kapal, serdadu, dan saudagar.


    Malapetaka tersebut sangat menyengsarakan seluruh penumpang yang terancam kekurangan perbekalan. ”Kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kami masih dapat menyelamatkan sedikit beras yang kering,” tutur Liebner mengutip jurnal yang ditulis salah seorang awak kapal.

    Lokasi kecelakaan merupakan daerah asing bagi para pelaut Belanda maupun dunia pelayaran umumnya di zaman itu. Pulau Kabaena yang terdekat dengan lokasi musibah, dalam laporan disebut Pulau Comboina.

    Penduduk setempat yang datang ke lokasi pada dasarnya bukan bermaksud menolong, tetapi menjarah seandainya tak dicegah oleh awak kapal. Penduduk yang dilukiskan sebagai ”orang hitam” diartikan Liebner sebagai etnis Sama (Bajo) yang mendiami pesisir Pulau Kabaena.

    Hal itu dibenarkan tokoh Bajo H Djafar alias Nggora (80-an). ”Orang Bajo datang membantu sambil mengambil kain untuk bahan pakaian,” tuturnya mengutip tradisi lisan masyarakat Bajo seputar kecelakaan lima kapal VOC 400 tahun silam itu.

    Setelah menjelang seminggu hidup di Pulau Sagori tanpa tanda-tanda kemungkinan adanya pertolongan, pimpinan pelaut Belanda memutuskan mengirim sebuah sekoci ke Ambon untuk melaporkan kecelakaan itu kepada Laksamana de Vlamingh.

    Mereka juga berusaha membuat sendiri kapal menggunakan bahan-bahan dari kapal yang telah pecah berantakan. Awak kapal menyelamatkan barang dagangan dan 87 pucuk meriam.

    Kapal hasil rakitan yang kemudian diberi nama Trostenburg (benteng pelipur lara) itu diluncurkan awal Mei, hampir bersamaan datangnya kapal bantuan pada 7 Mei 1650 yang dikirim atas perintah de Vlamingh. Kedatangan kapal bantuan itu sangat terlambat karena terhalang angin barat yang saat itu bertiup kencang.

    Tragedi segera berakhir ketika semua awak kapal bersama muatan dan meriam diangkut ke Batavia. Bangkai kapal tersebut kini masih tergeletak pada kedalaman sekitar lima meter di dasar laut Pulau Sagori. ”Mesin dan baling-balingnya masih ada,” tutur Uja’.


    Sumber :
    http://antzon. wordpress. com/2006/ 02/...da- di-kabaena/
    "When the pupil is ready, the teacher will be found waiting"


    Vi Veri Veniversum Vivus Vici

    (By the power of truth, I, while living, have conquered the universe)

    V


  2. #2
    Walikota SHMILY will become famous soon enough SHMILY's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jul 2008
    Lokasi
    di sebuah puri kecil, diatas pulau terpencil dalam semesta mungil yang isinya cuma ada aku...
    Posts
    1.357
    Rep Power
    8

    Default

    Segitiga Bermuda???

    Percaya nggak percaya sich?

    magaski bisa jelasin nggak alasan yg lebih masuk akal tentang segitiga bermuda itu?
    Nggak cm di indonesia kan, shmily pernah denger ada beberapa tempat yang terkenal dengan segitiga bermudanya....(dimana ya...lupa...)

    shmily juga pernah liat ada pelm nya tuh...

    magaski...kasih tau yg komplit ya....krn ly jg penasaran...
    thank you...
    See How Much I Love You...

    Jangan suka memperpanjang - lebarkan masalah, karena :
    Kalo Panjang kasian ceweknya, kalo lebar kasian cowoknya..


  3. #3
    Camat Magaski will become famous soon enough Magaski's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jul 2008
    Lokasi
    Nusantara
    Posts
    584
    Rep Power
    7

    Default

    Kalau search di google ma banyak begituan kan.
    kalau di sini paling gw cuma bisa ngeliat, mana yang believe dan mana yang engga. why they believe, why they engga.

    gitu ...
    kamu believe ga?
    "When the pupil is ready, the teacher will be found waiting"


    Vi Veri Veniversum Vivus Vici

    (By the power of truth, I, while living, have conquered the universe)

    V


  4. #4
    Walikota SHMILY will become famous soon enough SHMILY's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jul 2008
    Lokasi
    di sebuah puri kecil, diatas pulau terpencil dalam semesta mungil yang isinya cuma ada aku...
    Posts
    1.357
    Rep Power
    8

    Default

    Quote Originally Posted by Magaski Tampilkan Postingan
    Kalau search di google ma banyak begituan kan.
    kalau di sini paling gw cuma bisa ngeliat, mana yang believe dan mana yang engga. why they believe, why they engga.

    gitu ...
    kamu believe ga?
    Sudah dibilang kok...percaya nggak percaya....

    nggak percaya...masak iya sich...???

    percaya....tp beneran ada ya....???


    bingung.....
    See How Much I Love You...

    Jangan suka memperpanjang - lebarkan masalah, karena :
    Kalo Panjang kasian ceweknya, kalo lebar kasian cowoknya..


  5. #5
    Camat Magaski will become famous soon enough Magaski's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jul 2008
    Lokasi
    Nusantara
    Posts
    584
    Rep Power
    7

    Default

    Quote Originally Posted by SHMILY Tampilkan Postingan
    Sudah dibilang kok...percaya nggak percaya....

    nggak percaya...masak iya sich...???

    percaya....tp beneran ada ya....???


    bingung.....

    Ni anak bingung dibuat hobby ya
    lebih enak kalau percaya.
    jadi bisa senantiasa penuh misteri hidup ini (halaaah!)
    "When the pupil is ready, the teacher will be found waiting"


    Vi Veri Veniversum Vivus Vici

    (By the power of truth, I, while living, have conquered the universe)

    V


  6. #6
    Ketua RW Jackson Blaziken is on a distinguished road Jackson Blaziken's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jan 2008
    Lokasi
    ????????????
    Posts
    77
    Rep Power
    0

    Default

    Klo aq sich.......
    percaya aj dah
    [URL=http://upload.kapanlagi.com/h/20080125173425_212_4799bb312ec9c.jpg][img]http://upload.kapanlagi.com/images/thumb/20080125173425_212_4799bb312ec9c-t.jpg[/img][/URL]

  7. #7
    Camat Magaski will become famous soon enough Magaski's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jul 2008
    Lokasi
    Nusantara
    Posts
    584
    Rep Power
    7

    Default

    Mulder=TYPE: Believin'
    "When the pupil is ready, the teacher will be found waiting"


    Vi Veri Veniversum Vivus Vici

    (By the power of truth, I, while living, have conquered the universe)

    V


  8. #8
    Moderator Kahyangan
    Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada is a splendid one to behold Bathara Narada's Avatar
    Tanggal Gabung
    Apr 2005
    Lokasi
    Sudukpangudaludal
    Posts
    4.380
    Rep Power
    10

    Default

    Percaya itu berbeda sama Mengerti...

    Bapakmu PERCAYA kalo kamu itu anaknya...

    Kamu PERCAYA kalo kamu itu anak bapakmu...

    tapi cuma ibumu yang MENGERTI kamu benar benar anak bapakmu... hehehehehe...


    "OM BHUR BHUVAHA SWAHA OM TAT SAVITUR VARENYAM
    BHARGHO DEVASYA DHIMAHI DHIYO YONAHA PRACHODAYAT
    "


  9. #9
    Lurah maxdoger is on a distinguished road maxdoger's Avatar
    Tanggal Gabung
    Nov 2008
    Lokasi
    Seputaran JABAR
    Posts
    219
    Rep Power
    0

    Cool

    Quote Originally Posted by Bathara Narada Tampilkan Postingan
    Percaya itu berbeda sama Mengerti...

    Bapakmu PERCAYA kalo kamu itu anaknya...

    Kamu PERCAYA kalo kamu itu anak bapakmu...

    tapi cuma ibumu yang MENGERTI kamu benar benar anak bapakmu... hehehehehe...
    Penjelasan yang DAHSYATTT dan MENGHENYAKKANNnnnn.....

    :shimata:
    [B][SIZE=5]Setiap orang akan mati, tapi tidak semuanya benar-benar pernah hidup.
    [/SIZE][/B][RIGHT][URL="http://www.iklan-gratisan.co.cc"][B][SIZE=5][FONT=Courier New][SIZE=2]http://www.iklan-gratisan.co.cc[/SIZE][/FONT][/SIZE][/B][/URL]
    [/RIGHT]

  10. #10
    Lurah Suzaku Musha is on a distinguished road Suzaku Musha's Avatar
    Tanggal Gabung
    Nov 2008
    Lokasi
    Spirit Of Java
    Posts
    227
    Rep Power
    0

    Default

    area yg efeknya seperti segitiga bermuda, entah itu efeknya hampir sama atau lebih kecil, ada banyak di indonesia, setau saya di jawa ada beberapa tempat
    [CENTER][IMG]http://i112.photobucket.com/albums/n184/suzakumusha/Wayang.gif[/IMG]
    [/CENTER]

Thread Yang Serupa

  1. Piramida di Dasar Segitiga Bermuda?
    By kucing endut in forum Dunia Lain
    Jawab: 23
    Postingan Terakhir: 27-02-10, 07:32 PM
  2. Segitiga bermuda di sulawesi
    By thikus in forum Warung Kopi
    Jawab: 13
    Postingan Terakhir: 21-11-09, 12:46 AM
  3. Segitiga Masalembo (Indonesia) Yang Misterius
    By Sh2dow in forum Dunia Lain
    Jawab: 6
    Postingan Terakhir: 04-06-09, 02:01 AM
  4. Majene=segitiga bermudanya Indonesia??
    By andepcool in forum Dunia Lain
    Jawab: 23
    Postingan Terakhir: 11-03-09, 08:44 PM

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • Kamu tidak diijinkan edit postinganmu