Hai.. hai...
Apabila kamu melihat tulisan ini berarti kamu belum terdaftar sebagai warga KL. Ayo gabung dengan Daftar terlebih dahulu, tentunya kamu akan menemukan banyak teman untuk saling berbagi informasi ataupun solusi di forum ini.
tips mengemudikan mobil matik

+ Reply to Thread
Menampilkan 1 s/d 9 dari 9
  1. #1
    Gubernur mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto's Avatar
    Tanggal Gabung
    Sep 2006
    Lokasi
    di kampung orang!
    Posts
    5.422
    Rep Power
    19

    Default tips mengemudikan mobil matik

    MOBIL bertransmisi otomatis memiliki perbedaan mendasar dengan mobil manual, mulai dari bentuk fisik persneling, pengoperasian, hingga karakter laju mobil.

    Pada mobil manual, terdapat tiga pedal pengendali di lantai mobil, yakni pedal gas, rem, dan kopling. Gas dan rem diinjak kaki kanan dan kopling dengan kaki kiri. Sedangkan pada mobil matik hanya dua pedal, yakni gas dan rem. Keberadaan dua pedal sering membuat orang salah menginjak rem dengan kaki kiri dan gas dengan kaki kanan.

    Seharusnya kedua pedal itu tetap dioperasikan dengan kaki kanan. Mobil matik mengharuskan kaki kiri pengemudi nganggur sepanjang perjalanan. Menginjak pedal rem dan gas pada saat bersamaan bisa merusak transmisi matik karena kopling dalam kondisi berputar, tetapi daya geraknya ditahan.

    Alih-alih menunjukkan posisi gigi 1, 2, 3, 4, 5, dan R seperti pada mobil manual, tongkat transmisi matik menunjukkan posisi P (park/parkir), R (reverse/mundur), N (neutral/netral), dan D (drive/jalan ke depan) secara berurutan. Pada beberapa mobil, kombinasi ini ditambah posisi D1 atau S dan D2 atau L (mobil bergerak, tetapi ditahan pada gigi 1 atau 2, dibutuhkan saat tanjakan terjal, turunan tajam, atau melintasi kondisi jalan licin).

    Biasakan men-start mesin mobil dengan persneling pada posisi P dibarengi menginjak rem (pada beberapa mobil, mesin tak bisa di-start bila posisi persneling tak di P dan rem tak diinjak). Selalu injak rem saat memindah persneling dari posisi P atau N ke posisi R atau D karena begitu persneling berada di posisi R atau D, mobil langsung bergerak. Saat mobil berhenti agak lama, misalnya di lampu merah atau macet, jangan biasakan menahan rem pada posisi di P. Ini akan merusak transmisi. Usahakan pindah ke posisi N saat berhenti.

    Perpindahan gigi secara otomatis membuat pengemudi yang belum terbiasa akan bingung saat membutuhkan pindah gigi guna mendapat tenaga atau akselerasi, misalnya menyalip mobil. Dalam kondisi ini, gunakan fungsi kick down (menekan pedal gas dalam-dalam), maka gigi persneling otomatis turun dan mobil mendapat akselerasi.

    Pada mobil-mobil terbaru, perpindahan gigi dilakukan secara elektronik sehingga bisa dipindah ke mode semi-otomatis. Mode diberi nama berbeda bergantung pada merek mobil, misalnya Tiptronic pada Porsche, multitronic dan S-Tronic pada Audi, dan Activematic pada Mazda. Namun, prinsip kerjanya sama, pengemudi bisa memindahkan gigi secara manual pada mode M (manual) dengan menggerakkan tongkat persneling ke posisi (+) untuk pindah ke gigi lebih tinggi dan posisi (-) untuk gigi lebih rendah.
    Yesterday is gone..
    Tomorrow has not yet come..
    We have only today..

  2. #2
    Lurah fatboy is on a distinguished road fatboy's Avatar
    Tanggal Gabung
    Apr 2008
    Lokasi
    ANFIELD
    Posts
    223
    Rep Power
    0

    Default

    Tambahan dikit, pada mobil matik jgn pernah memasukan gigi R dari posisi D pada saat mobil belum benar2 berhenti, hal ini akan menyebabkan cepat rusaknya transmisi.
    They said our days are numbered we're not famous annymore, but the Scousers rule the country like we always done before.

  3. #3
    Menteri Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud's Avatar
    Tanggal Gabung
    Sep 2011
    Lokasi
    Sarkem Boulevard
    Posts
    10.801
    Rep Power
    23

    Default

    wah...oke banget nih infomasinya.
    bisa gw coba nih latian bawa mobil matic

  4. #4
    Menteri Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud has much to be proud of Wan Abud's Avatar
    Tanggal Gabung
    Sep 2011
    Lokasi
    Sarkem Boulevard
    Posts
    10.801
    Rep Power
    23

    Default

    mobil matic emang enak buat santei.
    tapi kalo buat kenceng kencengan kok nggak enak ya?
    mendingan mobil manual deh tarikannya lebih asoy

  5. #5
    Lurah fatboy is on a distinguished road fatboy's Avatar
    Tanggal Gabung
    Apr 2008
    Lokasi
    ANFIELD
    Posts
    223
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by Wan Abud Tampilkan Postingan
    mobil matic emang enak buat santei.
    tapi kalo buat kenceng kencengan kok nggak enak ya?
    mendingan mobil manual deh tarikannya lebih asoy
    Tergantung boss, kl mobil matic bisa buat kebut2an makanya ada sistem sport/overdrive. ini bisa bantu akselerasi buat tarikan.
    They said our days are numbered we're not famous annymore, but the Scousers rule the country like we always done before.

  6. #6
    Gubernur mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto is a name known to all mas yanto's Avatar
    Tanggal Gabung
    Sep 2006
    Lokasi
    di kampung orang!
    Posts
    5.422
    Rep Power
    19

    Default

    Quote Originally Posted by Wan Abud Tampilkan Postingan
    mobil matic emang enak buat santei.
    tapi kalo buat kenceng kencengan kok nggak enak ya?
    mendingan mobil manual deh tarikannya lebih asoy
    gw kok malah suka matik yah.. bawa mobilnya lebih tenang.. klo macet gak capek, klo di tol bisa anteng ngebutnya..
    cuma kelemahannya klo mesin mati gak bisa didorong macam mobil manual..
    ama harga jualnya lagi lebih murah dr yg manual.. (orang beli mobil kok mikirin harga jual kembali yaK!)
    Yesterday is gone..
    Tomorrow has not yet come..
    We have only today..

  7. #7
    Warga sunan is on a distinguished road
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    Gresik
    Posts
    10
    Rep Power
    0

    Default Otomatis atau manual

    Secara teoritis mobil manual hemat BBM dan mudah terkontrol,mobil otomatis tentu lebih praktis dan gampang. lantas mana yang ada pilih?
    manual atau otomatis tergantung kebutuhan anda, kalau anda sering berlalu lintas yang sering macet ya paling enak pakai otomatis kaki tidak capek,resikonya bbm nya agak boros dikit kira2 0,5 km/liter dari transmisi manual. mobil transmisi manual dapat menghasilkan akselerasi bagus dan top speed yang lebih tinggi hal ini dikarenakan bobotnya lebih ringan dan tak menggunakan torque converter.
    mobil transmisi memang praktis namun tetap saja kurang spontanitas.
    sekarang tergantung anda kalau anda senang memacu dengan kecepatan tinggi pilih saja manual, kalau anda pingin santai rilex kaki gak capek pilih otomotis. gitu bro

  8. #8
    Warga Baru mbok dhe is on a distinguished road
    Tanggal Gabung
    May 2011
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Default mobil matic

    apa sih perbedaan D1 dan D2 pada tuas gigi mobil matic?

  9. #9
    Walikota Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua's Avatar
    Tanggal Gabung
    Nov 2010
    Lokasi
    Semarang, Indonesia, Indonesia
    Posts
    2.965
    Rep Power
    14

    Default

    Quote Originally Posted by mbok dhe Tampilkan Postingan
    apa sih perbedaan D1 dan D2 pada tuas gigi mobil matic?
    2 taon baru direply.....


    kayaknya D2 buat jalan menanjak yah ?

    -= Tidak semua orang bisa hidup sampai tua =-


Thread Yang Serupa

  1. Jawab: 2
    Postingan Terakhir: 20-10-09, 09:45 PM
  2. Tips ML di mobil
    By loepies in forum Sex & Date
    Jawab: 17
    Postingan Terakhir: 22-04-09, 01:53 PM
  3. tanya transmisi matik
    By gsaidan in forum KL Mobil
    Jawab: 0
    Postingan Terakhir: 21-03-09, 09:08 AM
  4. Tips mudik dengan mobil mungil
    By poy in forum Mobil
    Jawab: 4
    Postingan Terakhir: 24-11-08, 08:31 PM
  5. Biarlah Tuhan yang Mengemudikan Hidup Kita
    By Eyang_Funky in forum Sup Ayam
    Jawab: 5
    Postingan Terakhir: 25-09-04, 06:42 PM

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • Kamu tidak diijinkan edit postinganmu