Hai.. hai...
Apabila kamu melihat tulisan ini berarti kamu belum terdaftar sebagai warga KL. Ayo gabung dengan Daftar terlebih dahulu, tentunya kamu akan menemukan banyak teman untuk saling berbagi informasi ataupun solusi di forum ini.
Fenomena Pertapaan Sukorini

+ Reply to Thread
Hal. 1 dari 3 1 2 3 TerakhirTerakhir
Menampilkan 1 s/d 10 dari 23
  1. #1
    Presiden jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    di bwh atap,di kolong langit
    Posts
    18.007
    Rep Power
    65

    Default Fenomena Pertapaan Sukorini



    Syahrul Munir Untuk menuju ke atas bukit Sukorini pengunjung harus melewati 150 anak tangga dengan kemiringan hingga 30 derajat.

    Modernitas menuntut manusia berpikir maju dan realistis. Namun diakui atau tidak, sebagian masyarakat masih terkungkung dalam orientasi spiritual mereka. Sekat-sekat sosial tak menjamin mereka terbebas dari pengaruh itu. Fenomena tersebut secara kasat mata dapat dilihat di Pertapaan Sukorini, di Desa Kemitir, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang.

    Di puncak bukit seluas 100 meter persegi ini diyakini oleh sebagian masyarakat sebagai petilasan Begawan Manikmoyo atau dikenal sebagai Hanoman, salah satu tokoh dalam pewayangan. Roh-nya dijadikan perantara untuk memudahkan seseorang lepas dari segala macam kesulitan, atau bisa memuluskan tujuan mendapatkan segala keinginan.

    "Ramainya hari Jumat Kliwon. Banyak yang pengen usahanya lancar, naik pangkat, dapat jodoh, cepat kaya, lepas dari utang," ungkap Giyono Imam Prasetyawan (40), salah satu juru kunci Pertapan Sukorini, Kamis (23/2/2012) kemarin.

    Menurut Giyono, Pertapan Sukorini mulai ramai dikunjungi pada medio 2005. Banyak dari mereka adalah pejabat dan pengusaha. Mereka datang dengan membawa mobil mewah "Kalau yang dekat-dekat dari Magelang, Jogja, Solo. Tapi yang dari luar daerah seperti Bandung, Tasik, Garut, Banten juga banyak. Dari luar pulau ada Palembang, Irian, Sulawesi bahkan pernah juga dari Thailand," terangnya.

    Giyono adalah juru kunci kedua. Juru kunci utama adalah Mbah Marno. Kepada Mbah Marno inilah calon peziarahc--sebutan untuk pengunjung, harus mendaftarkan diri, menjadwalkan semedi termasuk melengkapi persyaratannya. "Kalau hajatnya sederhana hanya bawa rokok kretek dan wedang kopi. Tapi yang permintaannya berat syaratnya juga banyak seperti bukhur, kembang telon, kembang setaman, menyan arab, dupa manten," lanjutnya.

    Biasanya peziarah menyerahkan tetek bengek persyaratan itu kepada juru kunci dengan mengganti dengan uang. Dalam kepercayaan masyarakat Jawa kuno tempat-tempat yang tinggi biasanya disakralkan untuk pujabhakti atau sembahyang. Pertapaan Sukorini berada satu garis dengan candi Gedongsongo dan Gunung Ungaran. Berada di ketinggian 1100 diatas permukaan laut (dpl) dengan suhu 15-25 derajat celcius membuat tempat ini banyak ditumbuhi vegatasi pohon-pohon besar dan berlumut.

    Untuk menuju atas bukit Sukorini pengunjung harus menaiki lebih dari 150 anak tangga selebar 25 X 80 centimeter yang terbuat dari beton. Harus ekstra hati-hati lantaran berlumut dan kemiringan hingga 30 derajat.

    Arif Dhewanto, warga Semarang secara kebetulan melintas dari arah Temanggung menuju Sumowono. Awalnya ia penasaran ketika mendapati banyak mobil parkir di pinggir jalan, lantas ia mencoba naik bukit. "Waspada bagi penderita asma. Makin ke atas makin sedikit oksigennya, makin gak bisa nafas. Bisa dibayangkan kalau di sini ada 10 orang membakar kemenyan atau hio bersamaan. Bisa habis kita," kata Arif dengan nafas tersengal saat mencapai puncak bukit.

    Sayangnya, tak satupun tamu bersedia diwawancarai. Boleh jadi mereka menganggap tak patut permohonan pribadinya diketahui banyak orang. "Tugas kami hanya mengantar. Selebihnya terserah peziarah," cetus Giyono.

    SUMBER


    bisa minta kaya gak usah kerja gak ya





  2. #2
    Gubernur Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jan 2010
    Lokasi
    yogyakarta
    Posts
    6.567
    Rep Power
    42

    Default Re: Fenomena Pertapaan Sukorini

    lha ke sumowon kok malah mau bertapa...lha yo mending bablas bandungan, banyak yg bisa diajak 'bertapa'...


    "Why it is as it is, and why it exist at all"



  3. #3
    Walikota Cah Bagus has disabled reputation Cah Bagus's Avatar
    Tanggal Gabung
    Nov 2008
    Posts
    2.260
    Rep Power
    16

    Default Re: Fenomena Pertapaan Sukorini

    Quote Originally Posted by Ponyi Tampilkan Postingan
    lha ke sumowon kok malah mau bertapa...lha yo mending bablas bandungan, banyak yg bisa diajak 'bertapa'...
    Taripnya berapaan mas Bro...
    Spoiler for dah abis:



  4. #4
    Gubernur Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jan 2010
    Lokasi
    yogyakarta
    Posts
    6.567
    Rep Power
    42

    Default Re: Fenomena Pertapaan Sukorini

    Quote Originally Posted by Cah Bagus Tampilkan Postingan
    Taripnya berapaan mas Bro...
    wakaka...ini orang bekasi muncul lagi setelah lama bertapa

    tarif bersaing brur!!!


    "Why it is as it is, and why it exist at all"



  5. #5
    Penjaga Kuburan (。◕‿‿◕。) Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy's Avatar
    Tanggal Gabung
    Apr 2008
    Lokasi
    Institut Alam Ghaib...
    Posts
    9.719
    Twitter
    @
    Rep Power
    37

    Default Re: Fenomena Pertapaan Sukorini

    ...interesting...

  6. #6
    Presiden jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    di bwh atap,di kolong langit
    Posts
    18.007
    Rep Power
    65

    Default Re: Fenomena Pertapaan Sukorini

    Quote Originally Posted by Black_Fairy Tampilkan Postingan
    ...interesting...
    penasaran gw tem... kira2 sama gak ya dengan yang di Gunung Kawi

  7. #7
    Penjaga Kuburan (。◕‿‿◕。) Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy has a reputation beyond repute Black_Fairy's Avatar
    Tanggal Gabung
    Apr 2008
    Lokasi
    Institut Alam Ghaib...
    Posts
    9.719
    Twitter
    @
    Rep Power
    37

    Default Re: Fenomena Pertapaan Sukorini

    Quote Originally Posted by jeng centil Tampilkan Postingan
    penasaran gw tem... kira2 sama gak ya dengan yang di Gunung Kawi
    gw udah pernah yg di gunung kawi biasa aja kalo yg ke semarang ini belom, kesana yok jeng

  8. #8
    Presiden jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    di bwh atap,di kolong langit
    Posts
    18.007
    Rep Power
    65

    Default Re: Fenomena Pertapaan Sukorini

    ayuk...

  9. #9
    Walikota ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog's Avatar
    Tanggal Gabung
    Sep 2011
    Lokasi
    luruusss... terus belok kiri sebelah kanan nah itu dah
    Posts
    4.661
    Twitter
    @
    Rep Power
    17

    Default Re: Fenomena Pertapaan Sukorini

    pengen kaya tapi gak pake ritual kayak begituan, jadi tinggal didownload aja, ada gak yah

  10. #10
    Gubernur Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jan 2010
    Lokasi
    yogyakarta
    Posts
    6.567
    Rep Power
    42

    Default Re: Fenomena Pertapaan Sukorini

    Quote Originally Posted by ngelog Tampilkan Postingan
    pengen kaya tapi gak pake ritual kayak begituan, jadi tinggal didownload aja, ada gak yah
    aaaahhh...ada om..... ikut MLM aja, kerjaannya download terus tuh


    "Why it is as it is, and why it exist at all"



Thread Yang Serupa

  1. Fenomena Air Bambu Eul-Eul
    By kucing endut in forum Dunia Lain
    Jawab: 5
    Postingan Terakhir: 11-07-09, 10:35 AM
  2. Fenomena KL
    By hidung_besar in forum Diskusi Bebas
    Jawab: 86
    Postingan Terakhir: 16-05-09, 11:45 PM
  3. Fenomena Golput
    By havefun in forum Diskusi Bebas
    Jawab: 17
    Postingan Terakhir: 28-08-08, 07:05 PM
  4. fenomena KL
    By Jawa-Bermazmur in forum Diskusi Bebas
    Jawab: 25
    Postingan Terakhir: 28-12-05, 07:38 PM
  5. sebuah cerita nyata dari pertapaan di dunia maya
    By hidetaki_sama in forum Bohemian
    Jawab: 5
    Postingan Terakhir: 13-09-05, 03:13 AM

Add More Tags

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • Kamu tidak diijinkan edit postinganmu