Hai.. hai...
Apabila kamu melihat tulisan ini berarti kamu belum terdaftar sebagai warga KL. Ayo gabung dengan Daftar terlebih dahulu, tentunya kamu akan menemukan banyak teman untuk saling berbagi informasi ataupun solusi di forum ini.
Krisis Eropa, Barang Impor Akan Banjiri Indonesia

+ Reply to Thread
Menampilkan 1 s/d 7 dari 7
  1. #1
    Walikota ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog's Avatar
    Tanggal Gabung
    Sep 2011
    Lokasi
    luruusss... terus belok kiri sebelah kanan nah itu dah
    Posts
    4.661
    Twitter
    @
    Rep Power
    17

    Default Krisis Eropa, Barang Impor Akan Banjiri Indonesia

    Krisis Eropa, Barang Impor Akan Banjiri Indonesia



    MS Hidayat, Menteri Perindustrian


    JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat mengatakan krisis utang di Eropa akan berpengaruh pada sektor riil, termasuk sektor industri.

    "Selain menyempitnya pangsa pasar ekspor Indonesia, krisis tersebut juga dapat menyebabkan negara-negara yang tergerus pasar ekspornya," kata Hidayat dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR di gedung DPR/MPR RI Jakarta, Selasa (31/1/2012).

    Dia mencontohkan, China yang kemungkinan akan mengalihkan produk mereka ke negara-negara dengan pasar domestik besar seperti Indonesia.

    "Hal ini akan menimbulkan serbuan barang impor masuk ke Indonesia dan tentunya akan mengancam pasar produk lokal di pasar domestik," katanya.

    Kendati diakuinya krisis utang nasional yang melanda negara-negara di kawasan Eropa itu akan mengurangi kemampuan negara itu berinvestasi di Indonesia.
    "Terganggungnya perekonomian di negara-negara Eropa sedikit banyak akan mengganggu arus investasi ke Indonesia," ujarnya.

    Namun dengan diraihnya predikat invesment grade dari lembaga pemeringkat internasional seperti Moody's and Fitch Rating diharapkan risiko tersebut dapat diminimalisir.

    Karena kenaikan peringkat itu disertai prediksi jagka pendek dan panjang yang stabil.


    Sumber
    Barang dari Cina tentunya tidak akan banyak lagi dijual di Eropa karena di sana krisis.
    Barang dari Cina akan beralih atau ditambahkan jumlahnya untuk dijual ke Indonesia.

    Kalau Pak menteri ngomongnya akan mengganggu arus investasi dari Eropa ke Indonesia kok sepertinya menurut aku sih kayaknya tidak ada masalah arus investasi dari sana.

    Karena kondisi bisnis di eropa kurang sehat iklimnya maka mereka akan berbondong-bondong untuk berinvestasi bisnis di Indonesia.
    Lapangan pekerjaan makin banyak karena orang Eropa berinvestasi di sini, orang Indonesia dapat pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan sehingga mampu untuk belanja produk cina yang berkualitas maupun yg kurang.

    Tapi akan lebih baik lagi kalo orang Indonesia juga memproduksi barang yang strategi produksinya mirip produk Cina yang murah... pemerintah harus berperan serta untuk membantu mewujudkannya sehingga nantinya orang Indonesia dapat duit dari Eropa untuk dibelanjakan produknya sendiri.


    Indonesia menjadi pusat bisnis dunia atau jadi pasarnya perdagangan produk dari luar negeri maupun dalam negeri.
    Dan Indonesia menjadi tempat berinvestasi yang iklimnya sehat untuk berbisnis.

    Apakah pemerintah bisa mewujudkan mimpi itu?
    Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus aktif berperan.
    Karena kebijakan/peraturan yang membuat pemerintah, dan oknum-oknum yang bersifat "parasit" yang ada di tubuh alat-alat negara juga menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia.
    Kalau pemerintah bisa mewujudkan, baru saya setuju banget dengan hasil pemikirannya Dahlan Iskan beberapa hari lalu di Jakarta di sebuah acara ulang tahunnya komunitas entrepreneur

    "8 tahun lagi, Indonesia akan memiliki ekonomi yang luar biasa"
    Terakhir diubah oleh ngelog; 31-01-12 pukul 05:53 PM.

  2. #2
    Presiden Wiithink has a reputation beyond repute Wiithink has a reputation beyond repute Wiithink has a reputation beyond repute Wiithink has a reputation beyond repute Wiithink has a reputation beyond repute Wiithink has a reputation beyond repute Wiithink has a reputation beyond repute Wiithink has a reputation beyond repute Wiithink has a reputation beyond repute Wiithink has a reputation beyond repute Wiithink has a reputation beyond repute Wiithink's Avatar
    Tanggal Gabung
    Dec 2008
    Lokasi
    diantara bumi dan surga
    Posts
    20.900
    Rep Power
    48

    Default Re: Krisis Eropa, Barang Impor Akan Banjiri Indonesia

    product china jangan masuk ke sini deh, ntar product kita ndak jalan lagi..

    china kan serem banget kalo lempar harga barang

  3. #3
    Walikota ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog's Avatar
    Tanggal Gabung
    Sep 2011
    Lokasi
    luruusss... terus belok kiri sebelah kanan nah itu dah
    Posts
    4.661
    Twitter
    @
    Rep Power
    17

    Default Re: Krisis Eropa, Barang Impor Akan Banjiri Indonesia

    Quote Originally Posted by Wiithink Tampilkan Postingan
    product china jangan masuk ke sini deh, ntar product kita ndak jalan lagi..

    china kan serem banget kalo lempar harga barang
    Emang sih kalo melihat derasnya product cina yang masuk ke Indonesia memang bikin paranoid atau sangat menakutkan bagi product dalam negeri. Jangan parno tapi dirangkul untuk mendapatkan pembelajaran ilmunya, ilmu teknologi cina saat ini memang lebih bagus daripada kita dan juga amerika.

    Kembali lagi kepada kebijakan pemerintah dalam membuat peraturan yang bijak dan melindungi konsumen terhadap suatu produk yang merugikan, menciptakan produsen-produsen di dalam negeri dan melindungi pebisnis yang dirugikan.

    Bijak belum tentu harus memihak kepada product dalam negeri loh..
    Tapi dijadikan sebagai product pembanding untuk ikut bersaing dengan product dari cina.

    Konsumen seperti kita sudah tahu kok konsekuensinya kalo kita beli product murahan dan product mahal yang berkualitas. Benar khan?
    Jangan sampai barang murahan dijual dengan harga mahal. Konsumen akan puas kalo beli murah karena memang barangnya murah dan beli mahal karena memang mahal. Artinya orang akan toleran kalo yang dibelinya tidak berkualitas karena belinya murah dan orang akan puas kalo yang dibelinya berkualitas karena belinya memang mahal.

    Selain kita dari sisi sebagai konsumen, kalo kita dari sisi sebagai produsen product tentunya produk dalam negeri harus bisa bersaing dari sisi harga, sisi kualitas/kreativitas produk, aneka pilihan produk untuk tujuan kepuasan konsumen karena konsumennya juga kita sendiri.

    Hal seperti ini tentunya pemerintah juga jangan lepas tangan untuk memperkaya diri sendiri dengan jadi koruptor atau membuat perusahaan sendiri yang tujuannya memonopoli yang tak lain untuk memperkaya diri sendiri atau korupsi yang bersifat lunak.
    Peran serta pemerintah (pusat/daerah) sangat dibutuhkan untuk mengatur iklim bisnis yang sehat(produsen,konsumen)
    Terakhir diubah oleh ngelog; 31-01-12 pukul 06:33 PM.

  4. #4
    Super Moderator miaw_edan has a reputation beyond repute miaw_edan has a reputation beyond repute miaw_edan has a reputation beyond repute miaw_edan has a reputation beyond repute miaw_edan has a reputation beyond repute miaw_edan has a reputation beyond repute miaw_edan has a reputation beyond repute miaw_edan has a reputation beyond repute miaw_edan has a reputation beyond repute miaw_edan has a reputation beyond repute miaw_edan has a reputation beyond repute miaw_edan's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jan 1970
    Lokasi
    di dalam rumah
    Posts
    17.404
    Rep Power
    10

    Default Re: Krisis Eropa, Barang Impor Akan Banjiri Indonesia

    gw rasa sangat ga mungkin melawan atopun mengadopsi produk2 dari China situ.


    mereka bener2 gak terbayangkan kalo maen harga...
    bayangkan payung bergambar hello kitty yang dijual di sini seharga 35ribu, ternyata harga grosirnya cuma 25ribu udah termasuk ongkos import nyampe di sini.

    ....dan itu hanya untuk pengambilan selusin!! Kalo mau ambil lebih banyak lagi bisa jadi di bawah 10ribu!!

    Bisa nggak, bikin payung keren dengan harga Rp 7500???

    ...I'm still here...reminiscence it's glory...awaiting it's end...


  5. #5
    Gubernur Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater has much to be proud of Just4Cheater's Avatar
    Tanggal Gabung
    Apr 2009
    Lokasi
    Boegoer Koeta Hoejan
    Posts
    6.319
    Rep Power
    26

    Default Re: Krisis Eropa, Barang Impor Akan Banjiri Indonesia

    Kalau untuk Indonesia "jadi pasarnya perdagangan produk dari luar negeri "
    ini sulit atau bahkan gak mungkin kali ya..
    soalnya udah di pegang singapore


  6. #6
    Walikota Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua is a splendid one to behold Sniper Tua's Avatar
    Tanggal Gabung
    Nov 2010
    Lokasi
    Semarang, Indonesia, Indonesia
    Posts
    2.965
    Rep Power
    14

    Default Re: Krisis Eropa, Barang Impor Akan Banjiri Indonesia

    Lebih asyik mobil & motor eropa aja yang membanjiri Indonesia, dari china cukup makanannya aja


    jangan makanan eropa & motor cina

    -= Tidak semua orang bisa hidup sampai tua =-


  7. #7
    Walikota ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog's Avatar
    Tanggal Gabung
    Sep 2011
    Lokasi
    luruusss... terus belok kiri sebelah kanan nah itu dah
    Posts
    4.661
    Twitter
    @
    Rep Power
    17

    Default Re: Krisis Eropa, Barang Impor Akan Banjiri Indonesia

    Quote Originally Posted by miaw_edan Tampilkan Postingan
    gw rasa sangat ga mungkin melawan atopun mengadopsi produk2 dari China situ.


    mereka bener2 gak terbayangkan kalo maen harga...
    bayangkan payung bergambar hello kitty yang dijual di sini seharga 35ribu, ternyata harga grosirnya cuma 25ribu udah termasuk ongkos import nyampe di sini.

    ....dan itu hanya untuk pengambilan selusin!! Kalo mau ambil lebih banyak lagi bisa jadi di bawah 10ribu!!

    Bisa nggak, bikin payung keren dengan harga Rp 7500???
    Kalau tidak mampu melawan gunakan kekuatannya lawan untuk mempertahankan diri atau untuk serang balik.
    Maksudnya jangan paranoid dulu dengan produk cina, tidak masalah kita beli itu produk Cina yang murah itu sampai kapanpun atau sampai Indonesia mampu menciptakan dengan berinovasi dengan membuat alat-alat manufakturing yang efisien dan tepat guna.
    Kendala produk dalam negeri di Indonesia tidak bisa murah dikarenakan tidak mampu membuat efisiensi waktu ketika produksi, efisiensi bahan baku dan efisien antara quota produksi dengan waktu.

    Bayangkan untuk membuat suatu produk di Indonesia misalkan payung, mulai dari hulu sampai hilir di Indonesia sudah terjadi pemborosan yg cukup banyak sekali yang akhirnya mempengaruhi harga jual payung tersebut.
    Mulai dari bijih plastik, bijih besi, kemudian menjadi lembaran plastik dan bentuk logam yang diinginkan dan kreatifitas bentuk desain payung harus saling terkait dengan harga yg sudah distandarkan atau ketetapan harga yang disepakati antara produsen yang ditengahi oleh pemerintah untuk menjadikan sebuah payung yang murah dalam jumlah produksi yang banyak.

    Pemerintah juga harus menjamin tidak adanya oknum petugas dari instansi mana pun untuk melakukan pungutan liar, uang keamanan atau pungutan apapun dengan alasan apapun yang tidak sesuai dengan hukum.

    Dan antara pengusaha dan karyawan harus bisa simbiosis mutualisme dan pengusaha juga diperbolehkan menggunakan mesin otomatisasi untuk mengejar quota produksi dalam jumlah yang banyak sekali.

    Produk Indonesia tidak bisa murah karena dilakukan secara manualan menggunakan tenaga manusianya sehingga kemampuan produksi terbatas. Bagaimana jika tenaga manusia digantikan oleh mesin yang canggih serba otomatis ? Sebuah produksi kalau bisa dikerjakan oleh mesin dan produksi yang tidak bisa dilakukan oleh mesin baru dikerjakan oleh manusia maka sebuah produk nantinya akan menjadi murah karena produk tersebut diproduksi dalam jumlah yang sangat melimpah. bagaimana?

    Perlu diketahui juga bahwa pemerintah Indonesia masih mempertimbangkan akan jumlah angka pengangguran untuk mengurangi kemiskinan... Kalo tidak mempertimbangkan ini, yang terjadi adalah orang pendidikan minim akan tetap nganggur dan tetap miskin alias tidak bisa kerja di pabrik2. mungkin Cina melakukan hal-hal seperti ini, yang terpenting adalah industri cina maju tanpa peduli dengan rakyatnya.

    Quote Originally Posted by Just4Cheater Tampilkan Postingan
    Kalau untuk Indonesia "jadi pasarnya perdagangan produk dari luar negeri "
    ini sulit atau bahkan gak mungkin kali ya..
    soalnya udah di pegang singapore
    Memang untuk saat ini kenyataannya adalah Singapura menguasai pasar asia pasifik.

    Sebenernya singapore itu bisa seperti yang sekarang ini adalah dikarenakan sebuah komitmen dan konsistensi dalam membuat kebijakan politik atau kebijakan pemerintah yang sangat mendukung investasi bisnis di negara tersebut. Singkatnya adalah masyarakat atau negara singapore menjunjung tinggi sebuah kepercayaan dan menjunjung tinggi sebuah ilmu pengetahuan apapun itu.
    Sehingga perusahaan besar di dunia percaya dan mau berinvestasi di Singapore dengan membuka kantornya di negara tersebut dengan janji mampu menguasai seluruh kawasan asia pasifik.
    Jumlah personel suatu perusahaan di Singapore rata-rata sedikit dan karyawan semuanya outsourcing yang datang dari Malaysia ataupun Indonesia.
    Sebuah proyek didapatkan oleh perusahaan di Singapore tapi yang mengerjakan proyeknya orang Indonesia, India, dan Malaysia.
    Pengusaha di Singapore mungkin tidak begitu ahli menguasai teknologinya tapi pengusaha disana mampu menjual atau memanfaatkan orang pintar dengan gaji yang tidak kecil untuk kemajuan bisnisnya.
    Bagaimana jika kondisinya dibalik?
    Semua orang Indonesia yang pintar ikut pengusaha Indonesia atau orang Indonesia yang pintar bisa mendirikan perusahaan sendiri.
    maka pasar perdagangan dunia ada di bawah kendali orang Indonesia.. walaupun secara fisik ada Singapore tapi kendali dipegang oleh Indonesia.

    Kunci sukses untuk negara Indonesia (sukses bersama) ini adalah jangan saling makan teman sendiri atau jangan ada kanibalisme sesama orang sendiri.

Thread Yang Serupa

  1. Jawab: 9
    Postingan Terakhir: 19-08-11, 11:42 AM
  2. Jawab: 11
    Postingan Terakhir: 20-07-10, 09:44 PM
  3. Itali suka barang barang dari Indonesia !
    By Just4Cheater in forum Warung Kopi
    Jawab: 1
    Postingan Terakhir: 15-03-10, 08:24 PM
  4. Jawab: 1
    Postingan Terakhir: 07-01-09, 11:12 PM
  5. Pemain Berdarah Indonesia Di Eropa
    By onalee in forum Gila Bola
    Jawab: 3
    Postingan Terakhir: 08-09-08, 11:07 PM

Add More Tags

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • Kamu tidak diijinkan edit postinganmu