Hai.. hai...
Apabila kamu melihat tulisan ini berarti kamu belum terdaftar sebagai warga KL. Ayo gabung dengan Daftar terlebih dahulu, tentunya kamu akan menemukan banyak teman untuk saling berbagi informasi ataupun solusi di forum ini.
"Anda Memalukan!" Ujar Media Malaysia Tentang Supporter Indonesia

+ Reply to Thread
Hal. 1 dari 2 1 2 TerakhirTerakhir
Menampilkan 1 s/d 10 dari 19
  1. #1
    Sayap Kanan KL evolym is a glorious beacon of light evolym is a glorious beacon of light evolym is a glorious beacon of light evolym is a glorious beacon of light evolym is a glorious beacon of light evolym's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jun 2011
    Lokasi
    In the middle of finger
    Posts
    2.480
    Twitter
    @
    Rep Power
    10

    Default "Anda Memalukan!" Ujar Media Malaysia Tentang Supporter Indonesia

    VIVAnews – Perebutan medali emas antara Garuda Muda dengan Harimau Malaya Muda pada final sepakbola SEA Games di Stadion Gelora Bung Karno nanti malam, diwarnai dengan munculnya kritik pedas dari warga Malaysia terhadap perilaku suporter Indonesia.

    Kritik keras itu dimuat dalam media online Malaysia, thestar.com, Minggu 20 November 2011 kemarin, dan ramai diperbincangan di twitter sepanjang pagi ini. Artikel itu ditulis oleh Wong Chun Wai. Berikut isi lengkap artikel tersebut setelah dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia.

    Anda Memalukan!

    Permusuhan terhadap tim dan media kami dalam SEA Games di Indonesia adalah aib yang sangat memalukan. Sungguh sangat konyol bagaimana rivalitas antara Malaysia dan Indonesia semakin panas pada SEA Games di Indonesia saat ini. Lebih tepatnya, hal itu bahkan berubah menjadi permusuhan terbuka, bahkan kebencian nyata, pada sebagian rakyat Indonesia.

    Ini semua sangat mengherankan karena perolehan medali tuan rumah sangat jauh di atas Malaysia. Mereka menempati tempat teratas dengan mengoleksi lebih dari 100 medali emas, sementara kami berada di posisi keempat dengan hanya mengumpulkan lebih dari 40 medali emas. Kami bahkan kalah dari Indonesia dalam sepak takraw, dengan hanya memperoleh medali perunggu setelah kalah berturut-turut dari Thailand dan Indonesia.

    Tapi atlet, petugas, dan media kami menghadapi sikap antagonisme setiap hari, yang bisa dipicu oleh siapa saja di setiap lokasi di mana atlet Malaysia berkompetisi. Pada titik tertentu, itu bisa jadi dipicu oleh faktor kegilaan atau sifat kekanak-kanakan semata, tergantung pada bagaimana Anda melihatnya.

    Tim Malaysia telah menerima fakta bahwa bahwa kerumunan suporter Indonesia akan menunjukkan kebencian dan ketidakhormatan mereka secara terbuka terhadap lagu kebangsaan kami, dengan menolak untuk berdiri saat lagu kebangsaan kami diputarkan. Tapi yang terjadi telah lebih dari itu – kapan pun lagu Negaraku dimainkan, kerumunan massa akan meniupkan terompet, beteriak, dan mengejek.

    Ada juga kejadian ketika suporter Indonesia mengangkat jari tengah mereka sebagai simbol mengejek, kepada para fotografer, di mana pun atlet Malaysia berkompetisi. Kurangnya perilaku sportif ini mencapai tingkat yang keterlaluan ketika wartawan Malaysia dilarang meliput di hari terakhir kompetisi berenang.

    Seorang petugas yang diidentifikasikan bernama Chris Ardi Toruan bahkan lupa bahwa perannya adalah untuk memastikan kelancaran acara, karena dia malah berubah menjadi penghasut dan hampir menyebabkan perkelahian.

    Petugas yang bertanggung jawab di gerbang masuk pun tidak hanya bersikap kasar dan mengancam, tapi juga berteriak kepada kerumunan: “Ini semua orang Malaysia! Tak ada otak semua.” Petugas itu lantas dilaporkan berbalik kepada sekelompok kecil jurnalis Malaysia, dan mengatakan: “Ini adalah negara kami! Jika kamu tidak menyukainya, kamu dapat pergi!”

    Tak perlu mempertimbangkan menjadi tuan rumah yang ramah atau terpikir solidaritas Asean. Lupakan tentang pujian yang sering disematkan tentang “bangsa serumpun” (kelompok ras yang sama), dan sebutan umum sebagai tetangga dekat. Semua itu melayang pada SEA Games.

    Pejabat dan tokoh Malaysia juga menemukan kursi mereka “hilang” diduduki para pejabat Indonesia, bahkan tentara-tentara jenderal, di perlombaan tertentu. Kami telah mempertimbangkan, kasus-kasus itu terlalu kecil untuk dibuka, dan memilih memahami bahwa gangguan ini merupakan bagian dari setiap peristiwa besar.

    Ada pula tuduhan bahwa lokasi pertandingan berubah pada menit terakhir, tanpa memberitahu para finalis dan wartawan, sehingga menghasilkan tekanan dan kecemasan pada menit-menit terakhir. Tapi lagi-lagi, terlepas dari segala keluhan, hal ini diterima.

    Bagaimanapun, ada omelan pribadi bahwa hal-hal itu dilakukan untuk menguntungkan Indonesia. Namun tidak ada yang benar-benar memiliki bukti atas tuduhan tersebut. Yang jelas, permusuhan dari suporter Indonesia-lah yang menjadi masalah memprihatinkan. Tekadang, hal ini bahkan didukung oleh para pejabat dan media lokal.

    Setiap kali atlet Malaysia mencetak angka pada pertandingan apapun, mereka mengejek, memprovokasi, dan mengejek. Kami memahami rivalitas macam itu pada pertandingan bulu tangkis dan sepakbola, tapi galah? Atlet kami Roslinda Samsu harus menghadapi permusuhan dari penonton, tapi hal itu tidak menghentikannya dari meraih medali emas. Dia bahkan memecahkan rekor SEA Games-nya sendiri.

    Pada cabang sinkronisasi menyelam, Malaysia lagi-lagi menghadapi kerumunan penonton Indonesia yang marah. Tapi lagi duet atlet kami, Leong Mun Yee dan Wendy Ng Yan Yee, meraih medali emas. Kita tidak akan pernah bisa kembali ke semangat asli SEAP Games 1959, ketika ada niat tulis dan persaingan sportif.

    Mungkin itu sama dengan semua pertandingan yang dibungkus dengan kebanggaan nasional dan egoisme individual dengan dukungan uang sponsor, yang berdampak nyata pada kinerja. Politisi-politisi kini juga mendominasi banyak asosiasi olahraga. Mereka semua menggunakan kemenangan untuk menaikkan popularitas mereka.

    Lebih buruk lagi, kita semua tahu bahwa bangsa-bangsa yang menggunakan nasionalisme, bahkan pada pertandingan olahraga, untuk menyatukan rakyat mereka. Apalagi menghadapi setumpuk isu politik domestik.

    Menang adalah penting, namun bukan segalanya. Tentu saja, harus ada penghormatan dan penghargaan. Kebencian terbuka terhadap tamu Anda benar-benar tidak dapat diterima dan merupakan aib yang memalukan. Sungguh memalukan kerumunan penonton yang bersikap bermusuhan, dan tidak memahami semangat persahabatan.
    (umi)
    sumber : vivanews

    Apa yang dilakukan rakyat Indonesia ini tentu ada sebabnya. Semua ini ga akan terjadi jika tak ada pencaplokan wilayah dan budaya. 3-0 Skor bola nanti malam untuk Indonesia


    Follow @moblyrics on twitter
    [Lots of your favorite lyrics here. Please follow us!
    @moblyrics - spread the good words, lets sing your song]
    Follow @KapanLagicom
    Follow @ClubbingKL

  2. #2
    Walikota ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog's Avatar
    Tanggal Gabung
    Sep 2011
    Lokasi
    luruusss... terus belok kiri sebelah kanan nah itu dah
    Posts
    4.661
    Twitter
    @
    Rep Power
    17

    Default

    Pertama, Malaysia yang serakah akan wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia dan pejarahan kayu mungkin bisa menjadi penyebab emosi rakyat Indonesia terhadap orang Malaysia.

    Kedua, tidak adanya ketegasan dari pemerintah Indonesia kepada Malaysia juga menjadi penyebab berikutnya.

    Ketiga, akankah nantinya ada peperangan diantara kedua negara ini ?
    Hal ini akan terjadi terus karena perseteruan ini sudah cukup lama yaitu sejak NKRI dipimpin oleh presiden pertama Soekarno

  3. #3
    Walikota FENGSHUI will become famous soon enough FENGSHUI will become famous soon enough FENGSHUI's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    Indonesia
    Posts
    1.279
    Twitter
    @
    Rep Power
    8

    Default

    It's very complex problem..

    Nurut gw, sebelum melihat kesalahan orang lain mari menelaah kelalaian kita (pemerintah) dalam menyikapi isu2 terkait negara tetangga, ga cuma malaysia tp juga singapura yang ngambil pasir laut kita buat perluasan wilayah mereka, trs kesejahteraan masyarakat diperbatasan yang minim sehingga masyarakat banyak yang "ngungsi" ke negara sebelah. N my prejudice adalah perusahaan yang mengelola hutan kita secara ilegal pasti uda ada "main" dengan local officer. ga mungkinlah mencuri terus2an tanpa ketahuan orang yang punya rumah, pasti ada orang dalam yang terlibat menyembunikan perbuatan tsb.

    Negara kita terlalu besar memang untuk bisa disejahterakan keseluruhannya. N ga lupa korupsi yang berakar jg menjadi kendala penyejahteraan masyarakt.

  4. #4
    Walikota 5l1m3 Kn1ght will become famous soon enough 5l1m3 Kn1ght will become famous soon enough 5l1m3 Kn1ght's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jul 2011
    Lokasi
    Fictitious Line
    Posts
    1.233
    Rep Power
    6

    Default

    Kalau Malay mau masuk jadi NKRI akan kita pertimbangkan deh. *kompor*
    http://starfishmusic.net where music is our first language.

    The crownless again shall be king.

  5. #5
    Gubernur kopraljono has much to be proud of kopraljono has much to be proud of kopraljono has much to be proud of kopraljono has much to be proud of kopraljono has much to be proud of kopraljono has much to be proud of kopraljono has much to be proud of kopraljono has much to be proud of kopraljono's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2011
    Lokasi
    di atas bumi, di bawah langit
    Posts
    6.782
    Rep Power
    20

    Default

    Quote Originally Posted by ngelog Tampilkan Postingan
    Pertama, Malaysia yang serakah akan wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia dan pejarahan kayu mungkin bisa menjadi penyebab emosi rakyat Indonesia terhadap orang Malaysia.

    Kedua, tidak adanya ketegasan dari pemerintah Indonesia kepada Malaysia juga menjadi penyebab berikutnya.

    Ketiga, akankah nantinya ada peperangan diantara kedua negara ini ?
    Hal ini akan terjadi terus karena perseteruan ini sudah cukup lama yaitu sejak NKRI dipimpin oleh presiden pertama Soekarno
    Spoiler for kopraljono in action:


  6. #6
    Gubernur Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi has a reputation beyond repute Ponyi's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jan 2010
    Lokasi
    yogyakarta
    Posts
    6.567
    Rep Power
    42

    Default

    ....it is just about 'respect' and 'to be respected'....


    "Why it is as it is, and why it exist at all"



  7. #7

    Default

    hmmmmmmmmm.... saya berharap kita bisa bersikap lebih dewasa aja...
    MAU YANG LEBIH HEBOH? KLIK >>> www.inertseven.info <<<<

  8. #8
    Walikota ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog has much to be proud of ngelog's Avatar
    Tanggal Gabung
    Sep 2011
    Lokasi
    luruusss... terus belok kiri sebelah kanan nah itu dah
    Posts
    4.661
    Twitter
    @
    Rep Power
    17

    Default

    Quote Originally Posted by Ponyi Tampilkan Postingan
    ....it is just about 'respect' and 'to be respected'....
    Bener banget!!
    Tapi apakah hal itu bisa dilakukan secara kolektif/semua rakyat kedua belah pihak?
    Sedangkan pemerintah sebagai pelaksana kenegaraan tidak tegas mengenai hal ini.

  9. #9
    Ketua RT bukbariah is on a distinguished road bukbariah's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2011
    Lokasi
    di blakang bakul rujak
    Posts
    43
    Rep Power
    0

    Default

    klo sy gak tau malay kalah sepak takraw ma indonesia, masalahnya cabor2 lain gk seheboh sepakbola, ekstrimnya mending kalah spuluh kosong ma negara laen ktimbang satu kosong ma malaysia, knapa bgitu? sbg rakyat yang hidup di indonesia udah mangkel sama kelakuan negara itu, masalah pemerintah indonesia gak tegas or gmana2 sy gk heran..orang bliau2 itu sibuk politik ato korupsi....

  10. #10
    Camat Junot is on a distinguished road Junot's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2011
    Posts
    694
    Rep Power
    4

    Default

    malaysia lebai ah. Gitu aja ngambek. Lupa ya kalo kmaren2 cari gara-gara sama Indonesia?
    good day I'm OK, bad day I'm OK. What's the different?

Thread Yang Serupa

  1. Jawab: 7
    Postingan Terakhir: 12-11-12, 07:04 PM
  2. Jawab: 4
    Postingan Terakhir: 13-10-11, 06:10 AM
  3. Share Info Tentang "ITIL" dan "PEPEK" With Pic
    By Hktoyshop in forum Warung Kopi
    Jawab: 11
    Postingan Terakhir: 17-09-10, 10:07 AM
  4. Jawab: 0
    Postingan Terakhir: 28-05-09, 04:15 PM

Add More Tags

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • Kamu tidak diijinkan edit postinganmu