Hai.. hai...
Apabila kamu melihat tulisan ini berarti kamu belum terdaftar sebagai warga KL. Ayo gabung dengan Daftar terlebih dahulu, tentunya kamu akan menemukan banyak teman untuk saling berbagi informasi ataupun solusi di forum ini.
Tips & Trik memakai kartu kredit

+ Reply to Thread
Menampilkan 1 s/d 10 dari 10
  1. #1
    Camat NdrooG is a glorious beacon of light NdrooG is a glorious beacon of light NdrooG is a glorious beacon of light NdrooG is a glorious beacon of light NdrooG is a glorious beacon of light NdrooG's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jan 2010
    Posts
    502
    Rep Power
    9

    Default Tips & Trik memakai kartu kredit

    Sekedar Sharing agar pemilik kartu kredit tidak terlilit hutang yang mencekik


    1. Usahakan Tidak Pernah Melakukan Pembayaran Minimum.

    Rahasia besar dari industri kartu kredit modern adalah perusahaan penerbit kartu plastik tidak perlu buru-buru melihat Anda melunasi hutang Anda. Sebaliknya, mereka menghasilkan banyak uang jika Anda hanya melakukan pembayaran bulanan yang minimum. Dan mereka cukup pintar untuk mengetahui bahwa jika mereka menurunkan pembayaran minimum serendah mungkin – katakanlah sekitar 10 % dari total hutang, maka Anda akan terus mengeluarkan uang, dan mereka akan terus mendapatkan keuntungan dari Anda.

    Penerbit kartu kredit sama sekali tidak tertarik untuk membuat Anda memahami bahwa jika anda meminjam Rp. 100 Juta dan hanya melakukan pembayaran minimum setiap bulannya (Rp. 10.000.000,- ) dengan tingkat suku bunga 3.5% per bulan (42% per tahun), maka anda memerlukan waktu 16 bulan untuk melunasi seluruh utang Anda dengan total pembayaran sebesar Rp. 156.000.000, - (seratus lima puluh enam juta rupiah). Keuntungan yang sangat besar (56%) bagi perusahaan penerbit kartu kredit Anda.

    Untunglah Pemerintah kita sudah menaikkan batas pembayaran minimum sebesar 10%. Tentu saja keuntungan perusahaan penerbit Kartu Kredit akan jauh lebih besar bila batas pembayaran minimum dibiarkan lebih rendah sebesar 5% seperti sebelumnya.

    Tetapi batas pembayaran minimum ini sendiri tidak akan menyelesaikan masalah. Jika anda memiliki sejumlah utang di kartu kredit dan Anda tidak ingin utang tersebut mencekik leher anda, maka Anda sekurang-kurangnya harus berusaha untuk membayar minimal dua kali lebih besar dari pembayaran minimum setiap bulannya. Tentu saja melunasi hutang kartu kredit Anda setiap bulannya adalah cara yang terbaik.

    Namun, jika Anda benar-benar terpaksa untuk hanya membayar minimum payment, pastikan Anda merencanakan budget Anda dengan sangat hati-hati. Semakin lama Anda membayar tagihan Anda, maka akan semakin besar bunga yang harus Anda bayarkan. Beban bunga yang Anda bayar untuk sebuah barang akhirnya bisa jadi lebih besar dari harga barang yang Anda beli.

    2. Jangan Pernah Terlambat Membayar Tagihan.

    Rahasia lainnya adalah penerbit kartu plastik sama sekali tidak keberatan jika Anda telat melakukan pembayaran karena mereka akan menghasilkan uang yang cukup banyak dengan mengumpulkan biaya-biaya keterlambatan tersebut. Di Amerika Serikat, berdasarkan data dari R.K. Hammers Investment Bankers (sebuah perusahaan konsultan kartu kredit berpusat di California), lebih dari 10% dari pendapatan industri kartu kredit berasal dari biaya (denda) keterlambatan pembayaran ini. ( Ada yang punya data di Indonesia ?)

    Dan biaya keterlambatan ini sangat memberatkan. Bukan hanya karena Perusahaan kartu Kredit bisa mengenakan Anda denda setinggi Rp. 100.000,- meskipun hanya telat 1 (satu) hari, tetapi mereka juga akan meningkatkan tingkat bunga Anda. Artinya Anda harus sangat hati-hati mengawasi tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit Anda, dan jangan pernah terlambat membayarnya.

    Untuk menghindarkan diri dari keterlambatan pembayaran yang mengakibatkan denda. Ikutilah petunjuk-petunjuk penerbit kartu kredit tentang kemana, bagaimana, dan kapan harus melakukan pembayaran tagihan !!

    3. Cari Tingkat Bunga Yang Paling Kompetitive.

    Bukanlah hutang yang ”membunuh” banyak pemilik kartu kredit, melainkan bunga yang harus mereka bayar di atas hutang tersebut, apalagi bila Anda terbiasa membayar cicilan bulanan. Pastikan Anda tahu bagaimana biaya bunga ini diperhitungkan. (Saat ini tingkat bunga kartu kredit rata-rata adalah 30%, dan ada yang setinggi 42% per tahun).

    Apa yang bisa Anda lakukan ? Pertama-tama yang harus anda periksa adalah pernyataan transaksi kartu kredit Anda dan cari tahu berapa besar persisnya biaya hutang Anda. Setelah Anda melakukan hal itu, Anda bisa shop-around dan membandingkan tingkat bunga kartu kredit Anda dibandingkan yang ditawarkan di tempat lain. Kemungkinan besar anda akan menemukan kartu kredit yang menawarkan tingkat bunga yang lebih kompetitive. Sebelum Anda bersusah-susah mengganti kartu kredit Anda dengan yang lain, telpon perusahaan kartu kredit Anda yang sekarang, dan tanyakan apakah mereka dapat memberikan tingkat bunga yang lebih rendah kepada Anda.

    Jika karyawan yang berbicara dengan Anda mnengecewakan Anda, minta bicara dengan Supervisor atau Manager-nya. Beritahu kepada mereka bahwa Anda sedang mempertimbangkan untuk mentransfer hutang Anda ke perusahaan kartu kredit yang lain. Dan secara jelas katakan kepada mereka perusahaan pesaing mereka dan tingkat bunga yang mereka tawarkan. Buatlah mereka yang berjualan: Tanyakan ”Kenapa saya harus tetap menggunakan kartu kredit Anda jika saya bisa mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah di tempat lain?”

    Umumnya, jika Anda berbicara dengan sopan dan masuk akal, mereka mungkin akan mencoba untuk mengabulkan permintaan Anda karena pada akhirnya mereka akan berusaha mempertahankan bisnis mereka dengan Anda. Jika Anda tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan, mendaftarlah dengan perusahaan kartu kredit yang menawarkan tingkat bunga yang lebih rendah dan pindahkan hutang Anda ke perusahaan yang baru tersebut.

    4. Mintalah Grace Period Bebas Bunga.

    Jika Anda selalu membayar lunas seluruh tagihan setiap bulan, maka mintalah grace period bebas bunga yaitu waktu setelah Anda melakukan transaksi dan sebelum biaya dikenakan, biasanya antara 25 – 30 hari.

    Dengan grace period ini, Anda sebenarnya mendapatkan fasilitas kredit bebas bunga, asalkan Anda membayar penuh tagihan kartu kredit Anda setiap bulan.

    5. Mintalah Iuran Tahunan Gratis.

    Kebanyakan kartu kredit mengenakan iuran tahunan berkisar antara Rp. 100.000,- s/d Rp. 300.000,- per tahun. Jika Anda mempunyai beberapa kartu kredit, lumayan juga iuran tahunannya. Apalagi kalau Anda punya 7 – 8 kartu kredit seperti rata-rata keluarga Amerika, iuran tahunan yang harus Anda bayar menjadi besar jumlahnya.

    Tergantung dari jenis kartu kredit yang Anda miliki, Anda mungkin bisa digratisin iuran tahunan hanya dengan menelpon dan meminta.

    Tetapi di lain pihak, hati-hatilah dengan kartu kredit yang tidak mengenakan iuran tahunan, karena mungkin saja mereka mengenakan ”biaya transaksi” setiap kali Anda menggunakan kartu kredit Anda.

    6. Hati-hati dengan Kartu ”Travel & Entertainment (T&E)”.

    Kartu ”Travel & Entertainment (T&E)”, contohnya American Express atau Diners Club seringkali mengenakan iuran tahunan yang lebih tinggi dibandingkan kebanyakan kartu kredit. Biasanya Anda harus melakukan pembayaran penuh dalam waktu 30 hari sejak menerima tagihan atau biasanya pembelian selanjutnya tidak akan disetujui.

    7. Hati-hati dengan Godaan Nol-Persen.

    Banyak perusahaan penerbit kartu kredit sekarang menawarkan tingkat bunga ”perkenalan” nol persen kepada nasabah yang mau membuka rekening baru dan mentransfer hutang kartu kredit Anda kepada mereka. Ini bisa jadi penawaran yang baik, tetapi berhati-hatilah. Banyak dari penawaran ”nol-persen” ini memiliki disclaimer tertentu – dengan cetakan/tulisan yang sangat kecil – yang akibatnya jika Anda terlambat membayar meskipun hanya satu hari saja, Anda akan kehilangan tingkat bunga nol-persen atau yang lebih rendah dan bunga Anda akan meningkat.

    Lebih buruk lagi, beberapa dari penawaran khusus ini mengandung ”retroactive interest-rate penalties (denda tingkat-bunga yang berlaku surut)” yang artinya penerbit kartu kredit bisa membebankan Anda tingkat bunga yang tinggi untuk setiap hutang yang pernah Anda miliki, bahkan ketika Anda melakukan pembayaran tepat waktu.

    Selain itu penawaran ”bunga nol-persen” atau ”bunga lebih rendah” biasanya mulai menghitung bunga sejak hari Anda melakukan pembelian/transaksi .

    Jadi hati-hatilah dengan penawaran seperti ini. Penawaran ini bisa sangat luar biasa jika Anda bertanggung- jawab, tetapi jika Anda tergelincir sekali saja, dan Anda bisa sangat menderita.

    Pada dasarnya, jika Anda tidak berhati-hati, kartu kredit bisa menjadi bencana keuangan yang akan sangat sulit kita meloloskan diri keluar darinya. Jadi pandai-pandailah menggunakan kartu kredit Anda dan belajarlah untuk menghindari jebakan-jebakannya.

    Mudah-mudahan bermanfaat.

    Referensi :
    1. Personal Finance, 6th edition, by Kapoor-Dlabay- Hughes, Mc Graw Hill Intl edition.
    2. “Credit Card Hazards & How to Avoid Them” by David Bach





    semoga tidak nganu..

  2. #2
    Gubernur Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    Semarang, Yogyakarta
    Posts
    5.361
    Rep Power
    27

    Default

    hooiii... enduutt... baca nih...

  3. #3
    Camat NdrooG is a glorious beacon of light NdrooG is a glorious beacon of light NdrooG is a glorious beacon of light NdrooG is a glorious beacon of light NdrooG is a glorious beacon of light NdrooG's Avatar
    Tanggal Gabung
    Jan 2010
    Posts
    502
    Rep Power
    9

    Default

    Quote Originally Posted by Heirtana Tampilkan Postingan
    hooiii... enduutt... baca nih...
    yang merasa ndut dicari om heir tuh...






    (ndutnya TOGE gak om?)

  4. #4
    Presiden jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    di bwh atap,di kolong langit
    Posts
    18.007
    Rep Power
    65

    Default

    Kayaknya nganu dech tapi sepertinya sangat berguna buat endut dech









  5. #5
    Gubernur Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    Bandung
    Posts
    5.627
    Rep Power
    28

    Default

    pokoknya kalo pakek kartu kredit usahakan agar seluruh tagihan dibayarkan sebelum atau pada saat tanggal jatuh tempo
    (jangan membayar kurang dari nilai total tagihan, karena pihak bank akan menghitung bunga perhari dari kekurangan pembayaran tsb)

    dengan begitu, kita cuma dibebankan biaya pembayaran (tergantung cara pembayaran dan lewat bank apa) dan bea meterai (utk transaksi di atas Rp 250rb)
    gw ini sebetulnya lucu lho
    sumpah demi Tuhan


  6. #6
    Gubernur Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo has a brilliant future Butogamo's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    Bandung
    Posts
    5.627
    Rep Power
    28

    Default

    pokoknya kalo pakek kartu kredit usahakan agar seluruh tagihan dibayarkan sebelum atau pada saat tanggal jatuh tempo
    (jangan membayar kurang dari nilai total tagihan, karena pihak bank akan menghitung bunga perhari dari kekurangan pembayaran tsb)

    dengan begitu, kita cuma dibebankan biaya pembayaran (tergantung cara pembayaran dan lewat bank apa) dan bea meterai (utk transaksi di atas Rp 250rb)
    gw ini sebetulnya lucu lho
    sumpah demi Tuhan


  7. #7
    Presiden jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    di bwh atap,di kolong langit
    Posts
    18.007
    Rep Power
    65

    Default

    Atau bisa juga kalau pemakaiannya banyak d jadikan program cicilan tetap aja ...

  8. #8
    Gubernur Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana has a brilliant future Heirtana's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    Semarang, Yogyakarta
    Posts
    5.361
    Rep Power
    27

    Default

    mana yaaa..... blum datang orangnya...

  9. #9
    Presiden jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil has a reputation beyond repute jeng centil's Avatar
    Tanggal Gabung
    Feb 2009
    Lokasi
    di bwh atap,di kolong langit
    Posts
    18.007
    Rep Power
    65

    Default

    dia ada,cuman pura2 gak tahu aja.....

  10. #10
    Moderator Lucu2an Aja Deh Blue_Shadow has much to be proud of Blue_Shadow has much to be proud of Blue_Shadow has much to be proud of Blue_Shadow has much to be proud of Blue_Shadow has much to be proud of Blue_Shadow has much to be proud of Blue_Shadow has much to be proud of Blue_Shadow has much to be proud of Blue_Shadow has much to be proud of Blue_Shadow's Avatar
    Tanggal Gabung
    Apr 2008
    Lokasi
    Jkt-Krwg-Jkt with Love
    Posts
    8.930
    Rep Power
    26

    Default

    kayaknya siy emg rodo2 nganu .........

    eike termsk org yg "cannot leave home without them", tp eike juga disiplin dalam memakai & membayar tagihan......... dari awal pake KK, point 1 & 2 selalu dilaksanakan dengan baik, jadi sampai saat ini masih sangat nyaman2 aja & hampir gk pernah pegang duit cash .......... spy gampang ngelesnya klo ada yg mo ngutang, hehehe..........


    ***********************

    *** iF U cAnNot bE a cLeVeR peRsoN, bE a kInD oNe ***



    *** There are THREE SIDES to every ARGUMENT : YOUR side, MY side and the RIGHT side ***


Thread Yang Serupa

  1. Jawab: 0
    Postingan Terakhir: 13-10-10, 11:54 AM
  2. Jasa Pelunasan Kartu Kredit atau Utang Kredit
    By atasi in forum Juwal Beli
    Jawab: 1
    Postingan Terakhir: 16-03-10, 11:08 AM
  3. Penipuan Kartu Kredit
    By Butogamo in forum Warung Kopi
    Jawab: 1
    Postingan Terakhir: 03-08-09, 01:25 PM
  4. Tips Jitu Lunasi Kartu Kredit dalam 3 langkah
    By mas yanto in forum Executive Lounge
    Jawab: 7
    Postingan Terakhir: 28-07-09, 06:14 AM
  5. Tarik Tunai Kartu Kredit
    By mmbc01 in forum Juwal Beli
    Jawab: 0
    Postingan Terakhir: 16-11-08, 06:59 AM

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • Kamu tidak diijinkan edit postinganmu